Pendatang dari Amerika Tengah dan Meksiko, yang menyeberangi perbatasan dengan Amerika Serikat berada dalam keadaan bahaya dan dalam banyak hal akan sia-sia dalam mengejar harapan."
Meksiko (ANTARA News) - Paus Fransiskus Senin menyerukan tindakan segera untuk melindungi dan merawat puluhan ribu anak-anak tanpa pendamping, yang datang dari Amerika Tengah ke Amerika Serikat.

Dalam surat dibacakan oleh utusan Vatikan ke Meksiko, Paus mengatakan langkah darurat kemanusiaan itu dituntut sebagai tindakan mendesak pertama, karena anak-anak itu harus dilindungi dan dirawat.

Utusan Kepausan Christophe Pierre membacakan surat itu, tertanggal 11 Juli, di pertemuan, yang diselenggarakan Meksiko dan Vatikan, tentang perantauan dan pembangunan antarbangsa, yang dihadiri Menteri Luar Negeri Vatikan Pietro Parolin.

Dalam pesannya, Fransiskus mencatat bahwa semua pendatang menghadapi ancaman, tapi dia menekankan bahaya tertentu untuk gelombang peningkatan kedatangan anak-anak Amerika Tengah dan Meksiko ke Amerika Serikat.

"Pendatang dari Amerika Tengah dan Meksiko, yang menyeberangi perbatasan dengan Amerika Serikat berada dalam keadaan bahaya dan dalam banyak hal akan sia-sia dalam mengejar harapan," kata Paus.

Ia menuntut perhatian masyarakat dunia atas tantangan itu dan langkah harus diambil oleh negara terlibat.

Ia menyerukan kebijakan untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya perjalanan ke utara dan meningkatkan pembangunan negara asal pendatang itu.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta Kongres 3,7 miliar dolar untuk mengatasi bahaya itu, tapi mendapat perlawanan dari anggota parlemen asal Republik.

Pihak berwenang Amerika Serikat menahan sekitar 57.000 anak-anak tanpa pendamping sejak Oktober, dua kali dari jumlah masa sama tahun lalu.

Obama pada pekan lalu memperingatkan orangtua di Amerika Tengah tidak mengirim anak-anak mereka melakukan perjalanan seorang diri menempuh jalan penuh bahaya melalui Meksiko guna menyeberangi perbatasan Amerika Serikat secara gelap.

Ia juga menyeru Kongres berhenti berpolitik dan bekerja bersamanya menyetujui permintaannya atas dana darurat itu guna mengatasi bencana pendatang tersebut.

"Orangtua harus mengetahui bahwa itu sangat berbahaya dan sangat kecil kemungkinan anak-anak mereka dapat tinggal," kata Obama, merujuk kepada aliran anak-anak dari Amerika Tengah, yang menyeberangi perbatasan bagian baratdaya Amerika Serikat sejak Oktober tersebut.

"Saya meminta orangtua di penjuru Amerika Tengah tidak menempatkan anak-anak mereka dalam bahaya dengan cara itu," katanya.


Penerjemah: Boyke Soekapdjo

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014