Jakarta (ANTARA News) - Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve akan membeli obligasi dalam beberapa hari kedepan bulan ini ketika mereka melanjutkan untuk mengurangi jumlah program pembelian agar lebih efisien.

Bank sentral AS pada Rabu lalu, menurut Reuters, mengatakan akan memangkas pembelian bulanan surat utang dari 55 miliar dolar menjadi 45 miliar dolar dan 25 miliar dolar dalam utang mortgage-backed.

Pengurangan stimulus itu secara luas diharapkan datang karena Fed melihat pertumbuhan kuartal pertama AS dan sebagian besar memberikan penilaian optimistis terhadap prospek ekonomi.

Sebagai ukuran dari setiap pembelian menurun, jumlah pembelian kembali akan dikurangi untuk mendapatkan operasional yang efisien, kata Fed di New York yang mengelola pembelian.

Pad Mei ini Fed akan membeli obligasi hanya dalam 16 hari, dibanding dengan pemelian 30 miliar dolar surat utang pada lebih 18 hari pada April, menurut penjadwalan Fed yang dirilis Rabu kemarin.

Pembelian obligasi The Fed bisa mempengaruhi pola perdangangan sesi siang karena banyak dealer dan investor membeli obligasi untuk dijual kepada Fed menjelang buyback, kadang-kadang mendongkrak harga.

Harga pun sering jatuh setelah pembelian oleh Fed selesai.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014