London (ANTARA News) - Sekitar 30 selebritis dunia mengajukan petisi kepada PBB untuk mengambil langkah guna melindungi warga sipil, khususnya pengungsi Palestina yang terjebak dalam konflik Suriah.

Para bintang termasuk aktor Hugh Grant, Emma Thompson, Sting, Roger Waters dan Tracey Emin itu menyeru Dewan Keamanan dan Presiden Majelis Umum PBB untuk membangun zona aman dan gencatan senjata lokal agar bantuan mencapai mereka.

Surat yang ditandatangi oleh kebanyakan tokoh-tokoh dunia film, sastra, seni panggung, musik dan seni visual Inggris ini didukung Badan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA dan yayasan amal HOPING cyang membantu pengungsi anak Palestina.

Hampir 500 ribu orang Palestina terdaftar sebagai pengungsi di Suriah sebelum perang saudara pecah. UNRWA mengatakan mayoritas mereka terusir dari kampung halamannya.

Kebanyakan dari 170.000 warga kamp pengungsi Palestina Yarmuk di pinggiran Damaskus telah pergi, namun sekitar 40.000 lagi terjebak dalam konflik.

Para selebritis ini meminta badan-badan PBB untuk "memberi tahu kami bagaimana mereka akan membangun ruang aman dan gencatan senjata lokal dengan segera".

"Orang-orang dan bantuan mesti dibiarkan masuk. Kami ingin suara kami diteruskan, demi mereka yang kini menderita di Suriah, untuk mencegah tragedi lebih buruk."

Yang juga menandatangani petisi ini adalah musisi Bryan Adams, Peter Gabriel dan Annie Lennox, serta seniman Tracey Emin, Carsten Hoeller dan Jeremy Deller.  Juga para sutradara Alfonso Cuaron, Ken Loach dan Stephen Frears, di samping sastrawan Hanif Kureishi.

Perang saudara di Suriah genap memasuki tahun keempat Sabtu ini dengan setidaknya membunuh 146.000 orang, jutaan orang kehilangan rumah, serta menghancurkan kota-kota dan tempat-tempat bersejarah, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014