Kegiatan ini pertama kali digelar di Karawang, sehingga diharapkan kegiatan ini akan berjalan aman dan lancar,"
Karawang (ANTARA News) - Lebih dari 100 pelaku usaha kuliner di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti Festival Kuliner di Lapangan Karangpawitan Karawang, Sabtu.

Peserta kegiatan yang digelar Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karawang tersebut terdiri atas pelaku usaha berkategori pedagang kaki lima serta pelaku usaha rumah makan atau restoran.

"Kegiatan ini pertama kali digelar di Karawang, sehingga diharapkan kegiatan ini akan berjalan aman dan lancar," kata Ketua Panitia Festival Kuliner PHRI Karawang David Freslie, di Karawang.

Menurut dia, di antara tujuan digelarnya Festival Kuliner tersebut ialah untuk menggali potensi kuliner khas Karawang yang masih terpendam sehingga bisa diketahui masyarakat secara luas.

Khusus peserta Festival Kuliner non-VIP, katanya, panitia penyelenggara hanya meminta uang pendaftaran Rp100 ribu sebagai uang sewa. Timbal-baliknya, peserta mendapatkan fasilitas tenda dan air bersih.

Ketua PHRI Karawang Diding Syarifudin mengatakan, Festival Kuliner merupakan bagian dari komitmen PHRI Karawang dalam mempromosikan produk kuliner asli Karawang.

Selain mempromosikan kuliner khas Karawang, dalam kegiatan Festival Kuliner tersebut juga diselingi berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Karawang.

Ia berharap agar kegiatan Festival Kuliner tersebut bisa digelar secara rutin setiap tahun. Sehingga para pelaku usaha kuliner di Karawang bisa lebih berkembang dan "menjamur" lagi.

Bupati Karawang Ade Swara setuju dengan harapan PHRI Karawang yang menginginkan kegiatan Festival Kuliner digelar rutin setiap tahun. Sehingga akan terangkat pula pelaku usaha kuliner yang berasal dari unit kecil dan menengah.

"Tetapi akan kita lihat terlebih dahulu manfaat dari kegiatan ini. Jika benar-benar bermanfaat, bisa digelar secara rutin setiap tahun atau setiap setengah tahun," kata bupati.

(KR-MAK/Z002)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013