Sebagai perusahaan `total food solutions` terkemuka dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, kemampuan budidaya dan pemrosesan terpadu dari CMFC sesuai untuk pengembangan bisnis Indofood secara strategis."
Jakarta (ANTARA News) - PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) menyatakan telah menguasai saham China Minzhong Food Corporation Limited (CMFC) lebih dari 50 persen.

Presiden Direktur INDF, Anthoni Salim dalam siaran pers di Jakarta, Rabu mengatakan Indofod saat ini telah menguasai lebih dari 50 persen saham CMFC yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Singapura (SGX).

"Sebagai perusahaan `total food solutions` terkemuka dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, kemampuan budidaya dan pemrosesan terpadu dari CMFC sesuai untuk pengembangan bisnis Indofood secara strategis," katanya.

Ia menambahkan melalui aksi korporasi itu perseroan dapat memanfaatkan model bisnis, teknologi dan keahlian yang dimiliki CMFC untuk memperkuat mata rantai pasokan dan memperluas portofolio produk Indofood, akuisisi itu akan menguntungkan baik bagi Indofod maupun CMFC seiring potensi pertumbuhan Indonesia dan China.

Dikemukakan, akuisisi saham CMFC itu menyusul disampaikannya penawaran tender pada tanggal 2 September 2013 senilai 1,12 dolar Singapura per lembar saham yang mencerminkan sekitar 734 juta dolar Singapura, Indofod telah melakukan akuisisi saham CMFC melalui pembelian secara langsung di pasar.

"Sebelum diterbitkan penawaran itu, Indofood telah memiliki sekitar 33,49 persen saham CMFC. Setelah penawaran disampaikan melalui kesepakatan bersama, Indofood mengakuisisi sebanyak 25,59 juta lembar saham CMFC atau sekitar 3,9 persen dari total saham yang telah dikeluarkan CMFC," paparnya.

Ia mengatakan sebelum melakukan investasi di CMFC pada Februari 2013, Indofod telah mengambil berbagai langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa investasi di CMFC dilakukan dengan hati-hati.

Indofood memandang kegiatan usaha CMFC dapat secara strategis melengkapai kegiatan usaha perseroan saat ini, dan dapat memberikan berbagai peluang untuk melakukan integrasi dan sinergi secara strategis, termasuk mencontoh model bisnis CMFC dalam hal industrial dan `conventional farming` di Indonesia.

Kemudian, realisasi dari manfaat integrasi dan berbagai sinergi secara strategis yang dapat diperoleh Indofood, akan memberikan manfaat bagi induk perusahaan Indofood, First Pacific Company Limited. (ZMF/B012)

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013