Pekanbaru (ANTARA News) - "Open house" Pemerintah Provinsi Riau  di Kediaman Dinas Gubernur di Pekanbaru, Kamis, digelar tanpa kehadiran Gubernur Riau Rusli Zainal yang masih menjalani masa tahanan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, open house dibuka untuk masyarakat umum yang ingin datang dan bersilaturahmi dengan pejabat Riau. Namun, kegiatan tahun ini tampak sangat sepi pengunjung.

Aula tempat digelarnya silaturahmi terlihat lebih banyak didatangi oleh kalangan pejabat di lingkungan Pemprov Riau.

"Semenjak tujuh tahun terakhir saya ikut kegiatan open house Gubernur Riau, tahun inilah yang paling sepi," kata Sekretaris DPRD Riau, Zulkarnain Kadir.

Minimnya kehadiran masyarakat juga diakui oleh Inem (50), asisten rumah tangga di rumah dinas Gubernur Riau. Biasanya, ribuan warga sudah berdatangan sejak kegiatan "open house" dibuka pukul 09.00 WIB.

Pada tahun-tahun sebelumnya, lanjtu Inem, open house selalu dipenuhi  warga sampai-sampai panitia kerepotan.

"Dibandingkan tahun sebelumnya, sekarang sangat sepi. Biasanya, bisa sampai ribuan yang datang sampai ada yang tidak kebagian makanan dan minuman," kata Inem.

Kepala Biro Umum Setdaprov Riau, Rusli M, mengatakan pihaknya sudah mengumumkan kepada masyarakat bahwa tradisi open house tetap diadakan meski tanpa kehadiran Gubernur Rusli Zainal.

"Sudah kami sebarkan informasinya bahwa acara ini untuk umum, dan di koran-koran juga sudah diberitakan," katanya.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013