... jumlah warga pengidap gangguan jiwa di Kota Bandung sekitar 600.000 orang... "
Bandung (ANTARA News) - Tahukah Anda, jumlah keseluruhan pengidap gangguan jiwa di Kota Bandung setara dengan seluruh penduduk Cimahi, Jawa Barat? Dinas Kesehatan Kota Bandung menyatakan hal itu, berdasarkan Riset Kesehatan Daerah pada 2007 silam jumlah warga pengidap gangguan jiwa di Kota Bandung sekitar 600.000 orang.

"Jumlah warga di Kota Bandung yang menderita gangguan jiwa sebanyak 19,2 persen atau sama saja dengan jumlah penduduk Kota Cimahi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, di Bandung, Selasa.

Mengapa sampai mengidap gangguan jiwa? "Banyak penyebabnya. Juga dikarenakan banyaknya permasalahan sosial yang terjadi di Kota Kembang tersebut seperti faktor ekonomi selain masalah pribadi dan keluarga serta lingkungan," katanya.

Dia mengakui, hampir seluruh kelurahan di Kota Bandung terdapat kantung-kantung pemukiman kumuh yang padat dan rentan kemiskinan tidak bisa dihindari kota Bandung.

"Dan kondisi itu potensi-potensi yang dapat mempengaruhi kesehatan jiwa. Contoh di sekitar Jalan Braga yang sarat akan perkantoran dan pusat perekonomian pun masih terdapat kekumuhan yang kental dengan kemiskinan dan kepadatan penduduk," katanya.

Juga di kawasan Tamblong, sekitaran bantaran kereta api. Di belakangnya terdapat lokasi kumuh, padat dan miskin," katanya.

(KR-ASJ/Y003)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013