Banda Aceh (ANTARA News) - Komunitas Darah untuk Aceh akan menggelar donor darah massal untuk membantu penderita talasemia atau penyakit kelainan darah turunan ditandai adanya sel darah merah yang abnormal di provinsi itu.

"Donor darah ini dikhususkan untuk membantu sekitar 150 penderita talasemia yang membutuhkan transfusi darah setiap bulannya," kata Nurjanah, pendiri Komunitas Darah untuk Aceh di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengatakan, donor darah massal dijadwalkan digelar di arena "car free day", di Jalan Tgk Daud Beureueh, Kota Banda Aceh, Minggu 3 Maret 2013, mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Untuk donor darah ini, kata dia, pihaknya tidak menargetkan berapa kantong darah yang terkumpul. Namun, diharapkan aksi sosial itu bisa mengumpulkan sekitar 20 kantong darah.

"Donor darah massal ini untuk kedua kalinya kami gelar. Yang pertama medio November 2012 silam, dan terkumpul sekitar 25 kantong. Semuanya disumbangkan untuk penderita talasemia dan pasien lainnya yang membutuhkan," kata dia.

Ia menjelaskan, Komunitas Darah untuk Aceh juga berencana menggelar donor darah secara berkala. Selain itu, Komunitas Darah untuk Aceh juga memprogramkan 10 pendonor untuk satu penderita talasemia.

Selain membantu penderita talasemia, kata dia, aksi ini juga sebagai wadah sosialisasi menumbuhkan pentingnya membantu mereka yang membutuhkan sumbangan darah dari sesama.

"Selama ini kesadaran masyarakat mendonorkan darahnya masih kurang. Kami terus berupaya meningkatkan kesadaran ini. Donor darah ini juga bagian dari meningkatkan kesehatan," katanya.

Untuk kegiatan tersebut, komunitas yang berdiri sejak Juni 2012, dibantu 25 relawan dari berbagai komunitas yang ada di Provinsi Aceh, dan PMI Cabang Banda Aceh.

Serta Delta Intermedia, yang mengorganisir pagelaran "Funtastic Sunday Morning" yang digelar setiap pagi minggu di arena "car free day" di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.
(HSA/N005)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013