Sementara mereka ditampung dulu di sini
Tasikmalaya (ANTARA News) - Sebanyak 54 imigran gelap asal negara Afghanistan dan Pakistan ditampung di penginapan Wisma Dewi, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sambil menunggu penanganan lebih lanjut oleh pihak kantor Imigrasi.

Kepala Kantor Imigrasi Tasikmalaya, Ahmad, Sabtu, mengatakan imigran tersebut akan ditangani serius sesuai prosedur yang berlaku.

Para imigran itu, kata Ahmad, sementara waktu ditampung untuk menjalani pemeriksaan sambil menunggu perintah dari imigrasi pusat.

"Sementara mereka ditampung dulu di sini, selanjutnya menunggu putusan dari pimpinan pusat di Jakarta," katanya.

Evakuasi imigran gelap tersebut dilakukan dengan pengawalan ketat polisi dari tempat penampungan sebelumnya markas Polres Tasikmalaya ke penginapan Singaparna.

Barang-barang yang dikemas dalam tas milik imigran tersebut diperiksa oleh petugas polisi yang dikhawatirkan terdapat barang-barang membahayakan.

Sebelumnya imigran gelap tersebut diamankan polisi ketika hendak menyeberang menuju negara Australia melalui perairan Pantai Cikalong, wilayah selatan Tasikmalaya, Jumat (22/2) pagi.

Polisi juga mengamankan dua orang warga negara Indonesia (WNI), yang berperan sebagai nahkoda kapal yang disewa imigran gelap tersebut.
(KR-FPM)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013