Jakarta (ANTARA News) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memberikan Anugerah Lifetime Achievement bagi Muhammad Jusuf Ronodipuro dalam acara malam Anugerah KPI 2012, Selasa.

Jusuf Ronodipuro (1919 – 2008) adalah broadcaster sekaligus pejuang yang gigih dan berani serta salah seorang yang paling berperan mewartakan kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia.

Melalui siaran pers KPI, Nina Mutmainnah Armando selaku Ketua Panitia Anugerah KPI 2012 mengatakan Lifetime Achievement adalah penghargaan khusus yang diberikan bagi individu yang mempunyai peran besar dalam sejarah dan penyiaran di Indonesia, memiliki visi memajukan penyiaran di Indonesia, dan memberi teladan serta inspirasi bagi insan penyiaran.

"Peraih Lifetime Achievement, penjaringan, pemilihan, dan penetapannya dilakukan oleh Komisioner KPI Pusat. Peraih Anugerah ini ditetapkan melalui rapat pleno Komisioner KPI Pusat," katanya.

Anugerah Lifetime Achievement bagi Muhammad Jusuf Ronodipuro diterima oleh istri Jusuf Roniodipuro, Siti Fatma, yang hadir dalam malam Anugerah KPI 2012 didampingi menantu dan cucu-cucunya.

Semasa hidupnya, Jusuf adalah orang yang menyiarkan teks proklamasi melalui radio ke seluruh dunia pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat itu Jusuf bekerja sebagai penyiar di Hoso Kyoku Jakarta (Radio Militer Jepang di Jakarta).

Ia menerima secarik kertas berisi teks Proklamasi Kemerdekaan dari Syahruddin, seorang wartawan muda Domei yang berhasil menerobos blokade Jepang. Jusuf menyiarkan teks proklamasi itu sesuai dengan pesan Adam Malik.

Jusuf adalah salah seorang pendiri Radio Republik Indonesia (RRI) pada tanggal 11 September 1945. Sebelumnya, bersama teman-temannya ia terlibat dalam perebutan stasiun radio di seluruh Jawa dari tangan Jepang.

Pria kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, pada 30 September 1919 ini adalah orang pertama yang menggemakan semboyan RRI: “Sekali di Udara Tetap di Udara!”.

Ia juga berkarir sebagai diplomat dengan jabatan antara lain Penasihat Perwakilan RI di PBB dan Duta Besar di beberapa negara kawasan Amerika Latin. Jusuf meraih penghargaan Bintang Mahaputra tahun 2002.

Muhammad Jusuf Ronodipuro tutup usia pada hari Minggu 27 Januari 2008 dalam usia 88 tahun setelah dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.
(ANT)

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012