Martapura (ANTARA) - Bantuan logistik dan pakaian layak pakai dari Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, untuk korban gempa bumi Cianjur, Provinsi Jawa Barat, tiba di lokasi bencana alam pada Sabtu (3/12) siang.

Koordinator yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Timur Yakub dalam laporannya di Martapura, Minggu, mengatakan tim tenaga kesehatan dan paket bantuan yang diangkut melalui jalur darat menggunakan truk dan minibus tiba di Kabupaten Cianjur dengan selamat.

Baca juga: Pemkab Cianjur belanjakan donasi untuk kebutuhan pengungsi

"Alhamdulillah, selama perjalanan dari OKU Timur pada Jumat (2/12) diberangkatkan menuju Cianjur tidak ada kendala di jalan," katanya.

Setibanya di Cianjur, tim yang diutus jajaran Pemkab OKU Timur disambut dengan baik di ruang pendopo oleh Bupati Cianjur Herman Suherman yang diwakili Asisten II Setda Cianjur Budi serta pihak terkait lainnya di daerah itu.

Adapun donasi yang diberikan berupa sembako, 40 karung pakaian baru dan layak pakai, peralatan mandi, selimut, tikar, popok bayi, dan uang tunai senilai Rp69.410.000.

"Jika diakumulasikan bantuan dari hasil penggalangan dana yang kami kumpulkan sejak beberapa pekan terakhir pascabencana totalnya senilai Rp117.000.000," katanya.

Baca juga: Bupati Cianjur: Donasi untuk bencana gempa capai Rp10,5 miliaran

Selain logistik dan pakaikan, pihaknya juga membawa sebanyak 15 tenaga kesehatan meliputi dokter, perawat, ahli kesehatan lingkungan, dan apoteker untuk membantu para korban bencana alam yang membutuhkan perawatan medis pascagempa bumi.

"Tim medis yang diutus ini langsung bergerak ke posko-posko pengungsian korban gempa bumi di Cianjur," katanya.

Ia berharap bantuan donasi dan tenaga medis ini bisa membantu meringankan beban para korban bencana alam di Cianjur dan kebutuhan dasar masyarakat di lokasi terdampak gempa bumi dapat terpenuhi.

Sementara itu, Asisten II Setda Cianjur Budi menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan jajaran Pemkab OKU Timur dalam meringankan beban korban bencana alam di daerah itu.

Baca juga: Bupati Cianjur sebut stok logistik aman untuk kebutuhan pengungsi

"Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari musibah ini dan silaturahim dengan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Peduli Cianjur dapat terjaga hingga di masa yang akan datang," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022