Hari ini dilakukan rekayasa lalu lintas dengan buka tutup jalan.
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan segera memberlakukan sistem lalu lintas buka tutup pada jalur tertentu yang dilalui pada Etape III Tour de Siak, Minggu.

"Hari ini dilakukan rekayasa lalu lintas dengan buka tutup jalan. Penutupan hanya dilakukan saat pesepeda melintasi ruas jalan yang menjadi jalur kegiatan ini," kata Yuliarso di Pekanbaru usai pengecekan lintasan.

Dia menyebutkan sejumlah ruas jalan yang bakal dilakukan buka tutup di antaranya Jalan Jenderal Sudirman, tepat di depan Kantor Gubernur Riau atau tempat start pesepeda.

Kemudian jalur menuju Jalan Sembilang (Rumbai), masuk ke Jalan Paus (Rumbai) menuju Jalan Yos Sudarso, lalu bergerak ke Jalan Soekarno Hatta hingga masuk ke Jalan Riau.

Kemudian masuk lagi ke Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Arifin Ahmad, hingga kembali lagi ke Jalan Jenderal Sudirman.

"Itu tiga kali putaran. Perkiraan durasinya itu kalau mulai pukul 09.00 WIB, sekitar pukul 13.00 WIB sudah selesai. Kami berharap masyarakat bisa menunggu dan mohon bersabar. Karena event ini mengangkat citra Riau dan Pekanbaru," katanya pula.

Yuliarso juga mengimbau kepada masyarakat, agar mencari jalur alternatif saat proses pelaksanaan Tour de Siak dan tidak melintasi jalan yang menjadi rute saat pelaksanaan berlangsung.

"Supaya masyarakat tidak lama menunggu atau terganggu perjalanannya," kata Yuliarso.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina mengungkapkan, sistem buka tutup jalan besok akan dimulai dari mulai pukul 09.00 WIB hingga acara tersebut selesai.

"Demi kenyamanan dan keselamatan masyarakat selama event berlangsung, akan dilakukan pengalihan arus dan buka tutup jalan yang dimulai pukul 09.00 WIB pagi," kata Birgitta.

Petugas kepolisian, hari ini akan berjaga di sepanjang rute buka tutup di Kota Pekanbaru.

Etape III pada event ini akan berlangsung di Kota Pekanbaru pada Minggu (4/12). Start Etape III sendiri dimulai dari kediaman Gubernur Riau dan finish di tempat yang sama.
Baca juga: Pebalap tim Sapura Malaysia juarai etape dua Tour de Siak 2022
Baca juga: Kapolri diupayakan buka Tour de Siak 2022

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera L
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022