Makassar (ANTARA) - Unhas meraih penghargaan “Terbaik 2” Indonesia’s SDGS Action Awards 2022 yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) dalam acara Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference.

  Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas Prof Dr Eng Adi Maulana M.Phil mewakili Rektor Unhas yang diberikan oleh Menteri Bappenas Dr. Suharso Monoarfa di Jakarta.

  Prof Dr Adi Maulana dalam keterangannya di Makassar, Jumat, menyampaikan Anugerah SDGs action award ini diberikan kepada kampus yang mempunyai komitmen tinggi terhadap implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Developments Goals.

Unhas selama ini sudah dan terus menjadi pioneer dalam implementasi.


Baca juga: Bappenas berikan penghargaan kepada pemerintah daerah berprestasi

Baca juga: Bappenas ajak 34 provinsi ikuti ajang Penghargaan Pembangunan Daerah

  “SDGs, bukan hanya di dalam kampus tapi juga menjadi inspirasi di daerah-daerah," ujarnya.

"Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs atau Global Goals adalah dengan 17 tujuan global dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk perdamaian dan kemakmuran manusia dan planet bumi sekarang dan masa depan,” sambung dia.

  Lebih lanjut Prof Adi menuturkan dengan penghargaan ini, Unhas akan melakukan mainstreaming program-program yang terkait dgn SDGs ke semua unit kerja di lingkup Unhas.

  Program green campus, net zero emission, renewable energy, waste management dan gender quality adalah beberapa program yang saat ini tengah gencar diimplementasikan di Universitas Hasanuddin (Unhas).

Selain itu Unhas akan menjadi pusat pelatihan implementasi SDGs di Indonesia untuk pimpinan daerah dan universitas di Indonesia. Sesuai dengan moto dari SDGS, 'no one left behind', Unhas akan menjadi motor dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan ikut membantu semua stakeholder dalam rangka pencapaian tersebut melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi.

  Diharapkan Unhas dapat terus mengembangkan diri dalam menciptakan kampus terbaik melalui pelayanan dan fasilitas terbaik melalui pencapaian program SDGs.

  SDGs Annual Conference 2022 dengan tema “Mendorong Aksi Nyata Transformasi Ekonomi Hijau untuk Mencapai SDGs” berlangsung 1-2 Desember 2022.

Baca juga: Bappenas adakan kompetisi apresiasi program berkelanjutan

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022