Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) Imran Nating mengingatkan para anggota organisasi ini untuk bekerja profesional.

"Kami mengimbau dan mengingatkan para anggota untuk bekerja profesional, baik untuk menyelamatkan perusahaan maupun membantu mengakhiri sebuah perusahaan dengan baik," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Imran usai dilantik sebagai Ketua Umum AKPI bersama Nien Rafles Siregar sebagai Sekretaris Jenderal Periode 2022-2025.

"Tidak menyusahkan debitur dan debitur bisa berhasil dengan aman. Itu mungkin tugas kami selama tiga tahun ke depan," jelasnya.

Dia berharap para anggota AKPI untuk tetap menjaga kerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM, Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, kepolisian, Otoritas Jasa Keuangan, institusi negara lainnya, perguruan tinggi, dan lembaga swasta yang sudah terjalin baik.

Baca juga: Dirjen AHU apresiasi kontribusi AKPI terkait rezim hukum kepailitan

Dia menegaskan selama kepengurusannya akan berkomitmen mewujudkan AKPI yang modern, dinamis, dan profesional dengan prinsip melayani.

"Organisasi modern merupakan organisasi yang berintegritas bekerja sesuai dengan kode etik, ketentuan hukum, dan bekerja sesuai dengan standar kode profesi," jelasnya.

Untuk kepengurusan AKPI 2022-2025, kata dia, pihaknya menambahkan beberapa nomenklatur baru, seperti Dewan Standar Profesi, Dewan Pakar, Bidang Kemitraan dan Kerja Sama, Bidang Bimbingan Teknis, dan Bidang Pengabdian Masyarakat.

Baca juga: Kemenkumham akan luncurkan aplikasi AHU Kurator dan Pengurus
Baca juga: AKPI tegaskan komitmen menjaga integritas calon kurator dan pengurus


Imran mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan sistem yang memudahkan anggota APKI memberikan pelayanan. Rencananya, APKI akan meluncurkan aplikasi tersebut tahun depan.

"Jadi anggota tidak perlu datang ke sekretariat, cukup mengunggah aplikasi dan bisa mengetahui agenda di aplikasi," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan terpilih Tonggo P. Silalahi menegaskan AKPI harus berkembang menjadi organisasi yang profesional dan memegang teguh integritas.

"Kita perlu memastikan bahwa kehadiran APKI membawa manfaat bukan saja untuk anggota tetapi untuk masyarakat luas, bangsa, dan negara," pesannya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022