Kabupaten Bekasi, Indonesia (ANTARA/Business Wire)- Anak perusahaan SATO Group PT. SATO Label Solutions (selanjutnya, SATO), bersama dengan mitra lokal CV Dharmatech Indonesia, menyediakan sistem pelacakan RAIN RFID(1) untuk PT. Sigma Cipta Utama (selanjutnya disebut SCU) untuk merampingkan inventarisasi dan penempatan dokumen yang disimpan di gudangnya.

Logo SATO

Untuk ketertelusuran manajemen aset, waktu sangat penting dalam mengidentifikasi di mana suatu item berada. Idealnya, satu klik sederhana pada mouse akan memberikan tampilan lengkap tentang inventaris dan pelaporan ketertelusuran. Hal ini dimungkinkan bila dilakukan dengan benar dengan solusi otomatisasi seperti RFID.

SCU merupakan bagian dari Elnusa Group, anak perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi dan Upstream Subholding, yang mengelola produksi minyak dan gas bumi di Indonesia. Ia mengkhususkan diri dalam layanan manajemen data yang menargetkan pelanggannya di sektor energi, menangani aset yang mencakup media fisik seperti kartrid dan pita magnetik.

Solusi yang disediakan SATO termasuk printer RFID, tag, handheld dan pembaca gateway, ditambah dengan paket perangkat lunak yang disesuaikan. Label dilampirkan pada karton yang menyimpan dokumen di gudang berskala besar seluas 19.600 m2. Sistem RFID membantu memantau stok baru yang ditempatkan di rak dan stok lama dikeluarkan, memungkinkan visibilitas apakah suatu barang dipinjamkan sementara atau dihapus secara permanen menggunakan tampilan dasbor. Dengan info ini, perusahaan sekarang dapat melihat riwayat lengkap aset dan membuat keputusan cepat tentang cara terbaik mengelola stoknya.

Sebelum menerapkan sistem baru tersebut, SCU sebelumnya menggunakan sistem berbasis barcode untuk melacak aset fisiknya di gudang. Seiring pertumbuhan bisnisnya, volume aset meningkat, membuat pekerjaan memindai setiap item secara individual semakin membosankan. Dengan penerapan RFID, SCU dapat menemukan aset lebih cepat dari sebelumnya, memberikan penghematan waktu 50 persen dalam setiap tugas inventarisasi (2).

SCU juga menyewakan ruang gudangnya kepada pihak ketiga, yang menambah kompleksitas manajemen aset di fasilitasnya. Tag RFID SATO dikodekan dan diterapkan ke setiap aset untuk visibilitas penuh semua aset yang disimpan dengan aman di seluruh gudangnya.

“Saya menghargai perhatian terhadap detail yang diberikan SATO untuk merampingkan sistem ketertelusuran kami,” kata Manajer Gudang di PT. Sigma Cipta Utama, Lalang Sugiri. “Sekarang staf kami dapat melacak dan menemukan setiap aset di gudang kami lebih cepat dengan akurasi dan kemudahan.”

“Kami berdedikasi untuk membantu pelanggan seperti PT. Sigma Cipta Utama menghubungkan setiap 'benda' di gudang mereka untuk menghubungkannya dengan dunia,” ujar Hirotaka Wada, Presiden dan Direktur PT. SATO Label Solutions dan Pejabat Eksekutif, SATO Holdings Corporation. “Kami ingin membantu perusahaan di sektor utama menerapkan RFID untuk merampingkan alur kerja dan meningkatkan produktivitas serta membuat keputusan yang lebih baik.”

(1) RAIN, berasal dari "RAdio frequency IdentificatioN" menggunakan protokol GS1 UHF Gen2 yang telah distandarisasi oleh ISO/IEC sebagai 18000-63.
(2) Survei SATO, berdasarkan waktu rata-rata yang dihabiskan untuk membaca dan menemukan item individual

*Semua nama perusahaan di sini adalah properti atau merek dagang terdaftar perusahaannya masing-masing.

Galeri Foto/Multimedia Tersedia: https://www.businesswire.com/news/home/52928760/en

Kontak
Pertanyaan penjualan:
Muhammad Fajar Fiqri
(+62) 21-280 802 70

Kontak media:
Kevin Leidheiser
(+81) 3 6628 2415

Sumber: SATO Holdings Corporation

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022