Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Penghubung Daerah setempat menyebutkan anjungan Provinsi Papua yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah selesai di revitalisasi, hal ini dilakukan dalam rangka menyambut kunjungan delegasi G-20 pada November mendatang.
 
Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua Alexander K.Y Kapisa dalam siaran pers di Jayapura, Ahad, mengatakan peresmian revitalisasi anjungan Papua merupakan salah satu bagian dari persiapan mendukung kunjungan para peserta delegasi G-20 yang akan berkunjung.
 
Menurut Alexander, pada proses revitalisasi ada tiga bagian yang di renovasi pertama beberapa rumah suku yang ada di wilayah Papua selain dilakukan perbaikan pihak juga melakukan pengecatan ulang.
 
"Kedua melakukan penataan ruangan untuk memperindah anjungan Papua, ketiga melakukan peremajaan terhadap benda-benda budaya yang ada," ujarnya.

Baca juga: Kementerian PUPR minta tiket masuk TMII tetap terjangkau masyarakat

Baca juga: Kementerian PUPR: Taman Mini siap digunakan untuk G20 pada Oktober
 
Dia menjelaskan dengan tiga langkah yang benar-benar menjadi konsentrasi pada tantangan waktu yang begitu singkat, namun akhirnya telah selesai sehingga proses revitalisasi dapat berjalan baik dan selesai sebelum kunjungan.
 
"Pada peresmian anjungan Provinsi Papua dilakukan juga tradisi bakar batu sebagai ucapan syukur atas selesainya renovasi tersebut, serta diikuti dengan tarian adat Bumi Cenderawasih," katanya lagi.
 
Dia menambahkan dengan luas 5.000 meter persegi, ke depan pihaknya akan menyiapkan beberapa tempat untuk menjual cenderamata dan ruangan bagi UMKM Papua.
 
Sekadar diketahui, peresmian anjungan Provinsi Papua dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun didampingi Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua Alexander K.Y Kapisa bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu (1/10).*

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022