perlu juga sosialisasi kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mencanangkan pembangunan dan rehabilitasi polder di Kecamatan Penjaringan dan Kecamatan Pademangan mulai Februari untuk mengendalikan banjir dan abrasi di kawasan tersebut.

Pelaksana tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota Jakarta Utara Ardan Solihin merencanakan membangun sebanyak tiga polder di Kecamatan Penjaringan dan satu polder di Kecamatan Pademangan.

"Untuk  wilayah Kecamatan Penjaringan, pembangunan polder berada di Muara Angke, Kali Asin, Teluk Gong dan untuk di wilayah Kecamatan Pademangan berada di Mangga Dua," kata Ardan dalam rapat persiapan sosialisasi kegiatan pembangunan polder di Ruang Pola Lantai 2 Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu.

Pembuatan polder itu merupakan bagian program 942 drainase vertikal (DV) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Untuk mengendalikan banjir di Provinsi DKI Jakarta melalui pembangunan sembilan polder, empat waduk, revitalisasi dua Kali dan peningkatan DV," kata Ardan.

Ardan mengatakan untuk mewujudkan pembangunan atau rehabilitasi polder Muara Angke, Polder Teluk Gong dan Polder Mangga Dua di Wilayah Kota Jakarta Utara, perlu juga sosialisasi kepada masyarakat.

Untuk itu, Pemkot Jakarta Utara turut mengundang Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait dalam rapat itu agar turut membantu terlaksananya sosialisasi program pembangunan polder sekaligus saling bersinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan polder tersebut.

"Kami juga mengundang camat dan lurah, karena pelaksanaan pertama adalah sosialisasi kepada warga, khususnya tokoh-tokoh masyarakat. Tujuannya agar dapat mengetahui di wilayahnya sedang ada pembangunan polder, karena yang dikhawatirkan kendaraan yang hilir mudik dapat mengganggu aktivitas warga. Peran camat dan lurah nanti membantu mensosialisasikan ke wilayah, dengan kerjasama ini semua komponen tingkat kota saling sinergi, saling berkolaborasi," tuturnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pembangunan polder di Kecamatan Penjaringan dan Kecamatan Pademangan akan dilakukan pada pertengahan bulan Februari dengan perkiraan dapat diselesaikan pada bulan Oktober tahun 2022.
Baca juga: Ada pelayanan perbaikan KTP untuk warga korban banjir di Jakbar
Baca juga: Pemkot Jakbar perbaiki aspal yang rusak terdampak banjir
Baca juga: Wagub DKI yakin kegiatan G20 tak terganggu banjir dan Omicron

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022