Solo (ANTARA) - Kota Solo tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang akan dihelat pada Juli mendatang. 

"Sejauh ini sudah memadai, nanti minggu depan baru dibicarakan anggarannya," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Rabu.

Ia mengatakan saat ini persiapan yang dilakukan masih dalam tahap awal. Meski demikian, arena pertandingan (venue) dan hotel sudah mulai disiapkan.

"Untuk venue sudah disiapkan di Manahan dan lain-lain, kalau GOR indoor nggak ada. Waktunya nggak nyandak (cukup) kalau Juli (untuk mempersiapkan GOR indoor)," ujar Gibran.

Baca juga: Gantikan Vietnam, Solo dipilih jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 

Sedangkan untuk hotel, ia memprediksi hampir seluruh hotel di Solo akan kebanjiran tamu.

"Semua hotel terpakai, besok penuh semua. Ada 3.000 orang, itu baru atlet, belum ofisialnya," tutur Gibran.

Sementara itu, terkait perusahaan yang akan dibidik untuk sponsorship, ia menuturkan masih dalam pembahasan.

"Sponsor belum, makanya ini ngejar. Nanti minggu depan baru dibicarakan, rapatnya sama pak menteri," ungkap Gibran.

Kota Solo resmi ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022 menggantikan Vietnam yang memutuskan mundur dan hanya menggelar SEA Games pada 12-23 Mei mendatang.

Baca juga: Gibran Rakabuming jadi ketua panitia ASEAN Para Games 2022 di Solo 

Ditetapkannya Solo sebagai tuan rumah pengganti ASEAN Para Games itu tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari lalu. ASEAN Para Games edisi ke-11 itu rencananya akan diadakan pada 20-31 Juli 2022 tidak hanya di Kota Solo, tetapi juga di beberapa daerah sekitar.

Ketua Komite Paralimpik (NPC) Indonesia Senny Marbun melalui keterangan resminya mengatakan Indonesia akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk menjadi tuan rumah APG tahun ini.

"Setelah ditiadakannya APG Filipina 2019 dan Vietnam menolak menjadi tuan rumah APG 2022, Pak Presiden (Joko Widodo) mengambil keputusan untuk menjadi tuan rumah, yang merupakan keputusan yang luar biasa," pungkas Senny. 

NPC Indonesia pun telah menetapkan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai ketua panitia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022. 

Baca juga: Jokowi dukung Indonesia gantikan Vietnam tuan rumah ASEAN Para Games 
Baca juga: Indonesia siap gantikan Vietnam sebagai tuan rumah ASEAN Para Games X 

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022