Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pemerintah daerah (pemda) Sulawesi Tengah untuk mengembangkan potensi wisata daerah yang berorientasi terhadap pemulihan ekonomi.

“Salah satu subsektor yang menarik dari ekonomi kreatif yakni kuliner, kriya, fesyen, dan juga ada subsektor film yang berkembang di Sulawesi Tengah,” ujarnya saat mengikuti audiensi dengan pemda Sulteng di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, sebagaimana dalam keterangan pers, Selasa (25/1).

Sandiaga menyatakan dirinya telah beberapa kali berkunjung ke Sulteng yang dinilai memiliki sumber daya alam sangat melimpah seperti destinasi wisata dan ekonomi kreatif.

Ia berencana untuk berkunjung kembali ke Sulteng dengan membawa kebijakan dan program-program yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu.

"Saya sendiri sudah sering sekali ke Sulteng, dan selain Palu saya belum sempat berkunjung ke Poso, saya akan berkunjung di festival Danau Poso pada Agustus 2022," ujar Sandiaga.

Ia mengemukakan bahwa pihaknya akan mengimplementasikan berbagai kegiatan untuk meningkatkan tarif hidup masyarakat, membuka lapangan kerja, serta memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini disebabkan visi dan misi yang dihadirkan pemda Sulteng beririsan dengan isu yang diangkat Presiden Joko Widodo untuk menekan angka pengangguran, kemiskinan, dan stabilitas harga di wilayah tersebut.

“Saya yakin masyarakat ingin gerak cepat, ini yang dibutuhkan oleh rakyat, agar kesejahteraan masyarakat bisa merata ditambah dengan pariwisata, karena pariwisata dapat memberikan peluang bagi semua masyarakat dan bisa menciptakan lapangan kerja 6 kali lipat lebih cepat dari industri lainnya,” kata Menparekraf.

Baca juga: Tata cara berwisata di masa new normal COVID-19 di Sulteng berubah

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022