Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan meluluskan 23 dokter gigi baru yang mengikuti pengambilan sumpah dokter gigi ke-25 Fakultas Kedokteran Gigi ULM di Banjarmasin hari ini.

"Alhamdulillah, ULM kembali meluluskan puluhan dokter gigi yang siap mengabdi untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan ULM Dr Achmad Syamsu Hidayat di Banjarmasin, Selasa.

Mewakili Rektor ULM Prof Sutarto Hadi, dia menyampaikan ilmu yang telah didapat oleh dokter gigi baru selama perkuliahan dan praktek di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman serta rumah sakit jejaring dan puskesmas merupakan modal berharga untuk terjun ke masyarakat dalam rangka mengembangkan karir pada masa yang akan datang.

Syamsu berharap alumni FKG ULM dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Kalimantan Selatan yang dikenal cukup rawan menderita kerusakan gigi karena tinggal di wilayah tanah gambut yang keasaman airnya cukup tinggi.

Baca juga: Pendidikan dokter gigi di ULM adaptasi kurikulum di masa pandemi

Baca juga: ULM sudah wisuda 253 dokter gigi perkuat layanan kesehatan masyarakat

Maka dari itu, peran strategis dan pengabdian para dokter gigi, baik yang bekerja di instansi pemerintah, swasta atau mandiri sangat diharapkan untuk berpartisipasi membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan.

"Apalagi di masa pandemi sekarang, layanan kesehatan termasuk gigi dan mulut sangatlah penting, kami mendorong peran dokter gigi didikan ULM bisa memberikan kontribusi nyata di tengah masyarakat," tuturnya.
 
Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan ULM Dr Achmad Syamsu Hidayat menyampaikan sambutan mewakili Rektor ULM Prof Sutarto Hadi. (ANTARA/Firman)


Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Gigi ULM Dr Drg Maharani Laillyza Apriasari Sp.PM mengungkapkan tambahan 23 lulusan itu menjadikan total 276 dokter gigi jebolan ULM.

Sebelumnya pengambilan sumpah dokter gigi angkatan ke-24 pada 27 Oktober 2021 lalu, ada 30 orang dokter gigi dilepas yang kini telah bekerja dan mengabdi di berbagai fasilitas kesehatan serta membuka layanan praktik secara mandiri.*

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat cetak 20 dokter gigi selama pandemi

Baca juga: Maharani Laillyza Apriasari, Dekan termuda di ULM punya dua paten

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022