Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berharap konstruksi semua seksi Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat selesai pada akhir tahun ini.

"Akhir tahun ini Insya Allah selesai semua seksi Jalan Tol Cisumdawu," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut Danang menjelaskan bahwa Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 dan Seksi 2 sepanjang 28,5 Km yang dibangun oleh Pemerintah terbagi menjadi Seksi I Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km), Seksi II Pamulihan - Sumedang (17,05 Km).

Baca juga: Gubernur Jabar: Tol Cisumdawu Seksi 1 beroperasi akhir Januari ini

Kemudian, Seksi III, IV, V, VI yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol sepanjang 33,21 Km saat ini progres Seksi III Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) konstruksi sudah 100 persen rampung, Seksi IV Cimalaka - Legok (8,20 Km) konstruksi sudah 18,97 persen.

Selanjutnya Seksi V A&B Legok - Ujung Jaya (14,9 Km) konstruksi sudah 25,86 persen dan 48,83 persen, dan Seksi VI A&B Ujung Jaya - Dawuan (6,06 Km) konstruksi sudah berjalan 81,78 persen dan 93,30 persen. Untuk Junction Dawuan yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali progresnya sudah mencapai 91,7 persen.

Saat ini Jalan Tol Cisumdawu yang siap dioperasikan yakni Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan.

Kepala BPJT mengatakan bahwa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan arahan yang pertama bahwa jalan tol Cisumdawu seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,4 km telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 17 Januari 2022 dan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian telah menerbitkan Sertifikat Layak Operasi(SLO) pada tanggal 21 Januari.

"Oleh karena itu kami berencana untuk membuka pengoperasian Seksi 1 Tol Cisumdawu yakni Cileunyi-Pamulihan ini dan kami akan melakukan pembukaan trafik atau open traffic," kata Danang.

Untuk pentarifan Seksi 1 Tol Cisumdawu akan diberlakukan dua pekan setelah pengoperasian. Dengan demikian jalan tol ini masih gratis selama dua pekan.

Baca juga: Empat seksi Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi Desember 2021

Pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat terus dipercepat penyelesaian konstruksinya.

Jalan Tol Cisumdawu dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp8,41 triliun. Setelah Jalan Tol ini tersambung sepenuhnya dari Cileunyi hingga Dawuan akan menjadi aksesibilitas masyarakat dalam mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022