Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan keberadaan Kementerian Ketenagakerjaan Corporate University (Kemnaker CorpU) adalah salah satu implementasi dari sembilan lompatan besar Kemnaker terutama terkait reformasi birokrasi.

"Sebagai implementasi sembilan lompatan Kementerian Ketenagakerjaan, Kemnaker CorpU telah mewujudkan reformasi birokrasi bidang manajemen sumber daya manusia khususnya dalam hal pengembangan kompetensi," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam acara Kick Off Kemnaker CorpU yang diikuti secara virtual dari Jakarta, Rabu.

Ida mengatakan pengembangan itu dilakukan melalui sistem pembelajaran terintegrasi yang melibatkan setiap unsur dalam unit kerja di Kemnaker.

Baca juga: Menaker luncurkan Kemnaker CorpU untuk pengembangan SDM

Dengan adanya Kemanker CorpU itu, Menaker meminta agar setiap pejabat tinggi harus bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran sebagai bagian dari pengembangan kompetensi sumber daya manusia di masing-masing unit.

Dia juga berharap agar setiap unit bersinergi dan berkolaborasi secara aktif untuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia semakin cepat dirasakan oleh seluruh pegawai Kemnaker.

"Pada akhirnya memberikan manfaat kepada para pengguna layanan," kata Ida.

Sebelumnya, Menaker telah meluncurkan Kemnaker CorpU pada hari ini untuk mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN) di Kemnaker.

Dalam sambutannya, dia berharap keberadaan Kemnaker CorpU dapat menciptakan ASN Kemnaker yang cerdas sosial dan digital, gesit, mudah beradaptasi, transformatif, visioner dan melayani tidak hanya profesional tapi juga dengan hati.

"Kemnaker CorPu akan berkontribusi dalam mewujudkan SDM aparatur ketenagakerjaan yang lebih cerdas, lebih unggul," tegasnya.

Baca juga: Menaker dorong perusahaan beri kesempatan kerja bagi perempuan
Baca juga: Menaker dorong sosialisasi K3 intens dan inovatif sasar kaum muda

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022