Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Jumat (14/1/2022) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari pemerintah mencabut larangan kedatangan WNA dari 14 negara hingga Gempa Banten Selatan dengan magnitudo 6,6 dan terasa hingga ke wilayah Jabodetabek.

1. Pemerintah cabut larangan kedatangan WNA dari 14 negara Pemerintah mencabut larangan masuk bagi warga negara asing (WNA) asal 14 negara dengan transmisi komunitas Omicron atas pertimbangan stabilitas nasional serta langkah mitigasi yang ketat di dalam negeri.

"Sejalan dengan antisipasi yang dilakukan pemerintah, Satgas Penanganan COVID-19 memutuskan meniadakan daftar 14 negara (dengan transmisi komunitas Omicron) asal WNA yang dilarang masuk ke Indonesia," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pemerintah cabut larangan kedatangan WNA dari 14 negara

2. Kemenkes: Kasus Omicron Indonesia bertambah jadi 572 orang

Kementerian Kesehatan RI melaporkan jumlah kasus Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan luar negeri maupun transmisi lokal di Indonesia bertambah menjadi 572 orang hingga Rabu (12/1).

"Hampir setengahnya atau sekitar 276 orang telah selesai menjalani isolasi, sedangkan sisanya 296 orang masih isolasi. Dari hasil pemantauan di lapangan, mayoritas gejalanya ringan dan tanpa gejala. Jadi, belum butuh perawatan yang serius," kata Juru Bicara Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat siang.

Baca juga: Kemenkes: Kasus Omicron Indonesia bertambah jadi 572 orang

3. BMKG: Waspadai gelombang tinggi di selatan Jateng-DIY

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, khususnya nelayan dan pengguna jasa kelautan lainnya untuk mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Berdasarkan analisis, tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jateng dan DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5 meter hingga 4 meter atau masuk kategori tinggi," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Jumat.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di selatan Jateng-DIY

4. Vaksin Merah Putih Unair masuk uji klinis fase 1 di Februari 2022

Kandidat vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair) segera masuk uji klinis tahap 1 pada manusia pada Februari 2022.

"Kita baru tanggal 5 bulan Februari baru untuk uji klinis fase 1," kata Ketua Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Unair Fedik Abdul Rantam saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.
Baca juga: Vaksin Merah Putih Unair masuk uji klinis fase 1 di Februari 2022

5. Gempa selatan Banten M 6,6 jenis dangkal akibat aktivitas subduksi

Gempa tektonik di Selatan Banten yang memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6 pada Jumat pukul 16.05.41 WIB merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

Baca juga: Gempa selatan Banten M 6,6 jenis dangkal akibat aktivitas subduksi

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022