Washington (ANTARA) - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada Senin (10/1) menyarankan warga Amerika tidak bepergian ke Kanada, negara tetangga, karena meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di tengah penyebaran varian Omicron.

CDC meningkatkan rekomendasi perjalanannya ke "Tingkat Empat: Sangat Tinggi" untuk Kanada dengan memberi tahu warga Amerika bahwa mereka perlu menghindari perjalanan ke negara itu.

CDC, yang mencantumkan sekitar 80 negara tujuan di seluruh dunia di Level Empat, juga menaikkan pulau Curacao ke Level Empat.

Pada November, Amerika Serikat mencabut pembatasan di perbatasan daratnya dengan Kanada dan Meksiko untuk warga negara asing yang sudah divaksin sepenuhnya. Pencabutan itu mengakhiri pembatasan bersejarah bagi pelancong dengan tujuan tak esensial yang diberlakukan pada Maret 2020 untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Kanada tetap menjadi tujuan luar negeri paling utama bagi orang Amerika.

"Kami mengetahui ada saran terbaru dari CDC ," kata juru bicara Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, seraya mencatat bahwa bulan lalu Ottawa telah mendesak penduduk agar tidak melakukan perjalanan yang tidak penting.

Kanada pertama kali mengeluarkan saran itu pada Maret 2020 tetapi menariknya pada Oktober 2021 -sebelum kasus Omicron pertama dilaporkan- dengan alasan bahwa program vaksinasi sudah berhasil.

Baca juga: Ancaman Omicron, penduduk Kanada diminta tak bepergian ke luar negeri

Bulan ini, Kanada memecahkan rekor satu hari untuk jumlah tertinggi orang yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19.

Para pejabat Jumat lalu (7/1) mengatakan kasus baru harian telah melonjak 65 persen pada minggu sebelumnya, yang mengancam sistem perawatan kesehatan.

CDC pada Senin menurunkan rekomendasi perjalanan ke Armenia, Belarus, Lesotho, dan Zimbabwe dari Level Empat menjadi "Level 3: Tinggi" .

Badan itu juga menilai Singapura sebagai "Level 3," setelah sebelumnya memasukkannya ke daftar klasifikasi "tidak diketahui".

CDC mengatakan orang Amerika harus divaksin sepenuhnya sebelum bepergian ke negara-negara tujuan Level 3.

Rawat inap COVID-19 di Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi sebanyak 132.646 kasus, menurut hitungan Reuters pada Senin. 

Varian Omicron yang sangat menular mendorong kasus melewati rekor 132.051 yang tercatat pada Januari tahun lalu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sudah 50 juta kasus COVID-19 muncul di AS, varian Delta mendominasi

Baca juga: Omicron sebabkan kasus COVID-19 di Kanada melonjak capai 1,95 juta


 

Kemenkes ubah strategi hadapi penularan varian Omicron

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022