Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara masih menunggu hasil pemeriksaan sampel whole genome squencing (WGS) warga negara asing (WNA) asal Irlandia Utara berinisial JIA yang terindikasi COVID-19 varian Omicron.
 
"Hasil pemeriksaannya belum keluar," kata Kepala Dinas Kesehatan Medan dr Taufik di Medan, Senin.

Baca juga: Dinkes Sumut lacak kontak erat WNA terindikasi Omicron di Medan
 
Ia mengaku pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap JIA yang saat ini masih diisolasi di Rumah Sakit Royal Prima, Medan."Setelah lebih dari lima hari, kebijakan ada di KKP Bandara Kualanamu. Sejauh ini pasien WNA tersebut masih kooperatif," ujarnya.
 
Selain itu, Dinas Kesehatan Medan bersama instansi terkait lainnya juga terus mengupayakan pelacakan kontak erat WNA tersebut.
 
Sementara itu, jumlah kasus COVID-19 di Medan terus menurun, bahkan dalam beberapa hari terakhir, Kota Medan nihil penambahan kasus harian COVID-19.
 
"Sudah beberapa hari ini tidak ada kasus. Saya harapkan tidak ada lagi kasus COVID-19 di Medan, sehingga status PPKM level II di Medan bisa kembali menjadi level I," ujarnya.

Baca juga: WNA asal Irlandia Utara terindikasi Omicron diisolasi di Medan

Baca juga: Tiga WNA asal Cina terindikasi varian Omicron
 
Meski demikian, ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
 
"Tetap disiplin protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan COVID-19," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022