Jakarta (ANTARA) - Tim Kanada sukses mengamankan tiket babak final Piala ATP 2022 setelah mengalahkan Rusia 2-1 dalam laga penentuan di nomor ganda putra yang dimainkan pasangan Felix Auger-Aliassime/Denis Shapovalov.

Pada pertandingan sesi ketiga, pasangan Felix/Denis mengalahkan Daniil Medvedev/Roman Safiullin 4-6, 7-5, 10-7.

"Felix melakukan pekerjaan yang luar biasa. Saya sempat lambat di awal dan mengalami kesulitan pengembalian, tapi kami melakukan kerja sama yang baik," kata Shapovalov menyikapi pertandingannya di Sydney, Sabtu.

Selain mengamankan kemenangan dari nomor ganda, Kanada juga mencetak kemenangan dari tunggal putra pertama saat Denis mengalahkan Roman Safiullin dengan dua set langsung.

Baca juga: Shapovalov buka kemenangan awal bagi Kanada di semifinal Piala ATP
Baca juga: Medvedev bawa Rusia imbangi Kanada 1-1 di semifinal Piala ATP

Lalu di tunggal putra kedua, Felix tampil menghadapi peringkat dua dunia Medvedev namun sayang ia tak bisa mengatasi keunggulan wakil Rusia itu yang bermain lebih dominan dan memberikan nafas bagi tim Rusia untuk menyamakan kedudukan 1-1.

"Saya harus mencoba dan tetap positif. Tapi Denis dan tim terus mendorong saya untuk semangat. Kami memiliki awal yang sulit di ganda, jadi untuk bisa kembali dengan cara ini, ini benar-benar hasil kerja keras tim yang baik. Ini lah inti dari Piala ATP. Kebahagiaan ini mewakili seluruh anggota tim," kata Felix.

Selanjutnya di babak final hari Minggu, Kanada sudah ditunggu oleh Spanyol yang sebelumnya mendepak Polandia dari babak semifinal hari Jumat, demikian laporan resmi ATP menyebutkan.

Baca juga: Spanyol singkirkan Polandia menuju final ATP Cup 2022

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022