Kampus yang cukup beruntung dari 103 universitas se Indonesia
Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat menyalurkan beasiswa bagi 10 mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR), berprestasi guna melanjutkan pendidikan mereka.

"UIR menjadi salah satu kampus dari 103 universitas di Indonesia yang beruntung untuk menerima beasiswa ini," kata Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCL kepada wartawan, di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, jumlah penerima beasiswa cendekia angkatan ketiga pada tahun 2022 berjumlah 10 orang yang terdiri atas berbagai mahasiswa dan mahasiswi fakultas di lingkungan UIR.

Ia menyebutkan, bantuan diberikan berguna untuk membantu meringankan beban mahasiswa dan orangtua, bagian dari subsidi pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Baca juga: Ratusan mahasiswa terima bantuan biaya pendidikan dari Pemkot Jaksel

Baca juga: BAZNAS luncurkan program beasiswa bagi santri


Direktur DDIK UIR Dr Anton Afrizal Candra SAg MSi menyebutkan, pemberian bantuan beasiswa ini sudah dilaksanakan tiga tahun dan sudah berjalan sebanyak tiga angkatan.

"Ini artinya, UIR sebagai salah satu kampus yang cukup beruntung dari 103 universitas se Indonesia untuk dapat terus menjalin kerja sama dengan Baznas Pusat," katanya.

Sebagai salah satu badan yang dibentuk oleh pemerintah, Baznas mempunyai fungsi untuk menyalurkan dan menghimpun zakat, infak dan sedekah. Maka melalui LBB Baznas, program beasiswa Cendekia merupakan salah satu program tahunan yang rutin dilakukan sebagai bentuk sumbangsih demi membantu dan meringankan ekonomi umat dari himpunan dana yang telah didapat yaitu dari umat untuk umat.

Raja Alia Safutri, mahasiswa perwakilan penerima beasiswa dari Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIR mengatakan, ini pertama kali dirinya mendapat beasiswa dan menjadi suatu kebanggaan baginya

"Beasiswa ini digunakan seutuhnya untuk membayar UKR, dan terimakasih kepada Baznas dan UIR, karena telah memilih saya menjadi salah satu penerima dan lolos dalam seleksi harapan ke depannya, semoga program ini terus terlaksana dan angkatan selanjutnya bisa lebih maju lagi dari angkatan sebelumnya serta lebih berprestasi lagi," ujarnya. 

Baca juga: BAZNAS targetkan kerja sama penyaluran beasiswa dengan 500 kampus

Baca juga: Baznas salurkan beasiswa kaderisasi ulama


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022