Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Kamis (30/12), yang menarik untuk disimak mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan peristiwa bencana alam yang terjadi selama 2021 di provinsi itu didominasi oleh tanah longsor hingga DKI Jakarta terbanyak kasus harian COVID-19. Berikut berita-berita tersebut :

1. Tanah Longsor dominasi bencana alam di DIY selama 2021

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan peristiwa bencana alam yang terjadi selama 2021 di provinsi itu didominasi oleh tanah longsor yang tercatat sebanyak 338 kejadian.

"Tanah longsor menjadi kejadian bencana yang tertinggi," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana saat konferensi pers di Kantor BPBD DIY di Yogyakarta, Kamis.

Baca juga: Tanah Longsor dominasi bencana alam di DIY selama 2021

2. Pengawasan pada pengguna transportasi laut diperketat di perbatasan

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memperketat pengawasan terhadap pengguna sarana transportasi laut di daerah perbatasan menyusul temuan hasil tes RT-PCR palsu yang dibawa oleh pekerja migran Indonesia yang kembali dari Malaysia melalui Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Entry test (pemeriksaan saat memasuki wilayah) untuk setiap orang yang datang, sebagian besar pekerja migran Indonesia dari Malaysia dan

Singapura menjadi keharusan," kata Deputi Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Mayjen TNI Fajar Setyawan sebagaimana dikutip dalam siaran pers Satuan Tugas yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pengawasan pada pengguna transportasi laut diperketat di perbatasan

3. Menag kukuhkan sembilan kiai sebagai Majelis Masyayikh

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengukuhkan sembilan kiai sebagai Majelis Masyayikh di Auditorium H.M. Rasjidi, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (30/12).

"Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren mengamanatkan terbentuknya Majelis Masyayikh sebagai instrumen penting guna mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Pesantren," ujar Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menag kukuhkan sembilan kiai sebagai Majelis Masyayikh

4. DKI Jakarta laporkan kasus harian positif COVID-19 RI terbanyak

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan kasus harian terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia bertambah 189 kasus dan DKI Jakarta mencatatkan angka terbanyak mencapai 53 kasus pada Kamis hingga pukul 12.00 WIB.

Data Satgas COVID-19 diterima di Jakarta, Kamis, mencatat kasus terkonfirmasi harian terbanyak kedua terjadi di Papua Barat sebanyak 29 kasus, Jawa Timur 19 kasus, Jawa Tengah 17 kasus dan Jawa Barat 16 kasus.

Baca juga: DKI Jakarta laporkan kasus harian positif COVID-19 RI terbanyak

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021