Tetapi korban atas nama Fatih Abdi Muzaki (13) warga Cibitung Bekasi masih dalam pencarian SAR gabungan
Bantul (ANTARA) - Seorang wisatawan yang dilaporkan terseret ombak di Pantai Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis pagi, hingga siang ini masih dalam pencarian tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta, dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis, mengatakan, telah menerima laporan dari Koordinator Sarsatlinmas wilayah 3 Parangtritis bahwa ada satu orang wisatawan terseret ombak di Pantai Parangtritis.

"Ada dua wisatawan yang terseret ombak, namun satu wisatawan dapat diselamatkan oleh Sarsatlinmas Wilayah 3 Parangtritis dan SAR Ditpolair Polda DIY, namun satu wisatawan sampai saat ini masih hilang dan masih dalam pencarian SAR gabungan," katanya.

Baca juga: Wisatawan tenggelam di Pantai Parangtritis Bantul ditemukan meninggal

Menurut dia, Kantor Basarnas Yogyakarta menindaklanjuti laporan tersebut telah memberangkatkan satu tim penolong yang dilengkapi dengan peralatan pertolongan di air untuk melaksanakan pencarian bersama dengan SAR gabungan yang sudah ada di lokasi.

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, kronologi kejadian kecelakaan laut tersebut berawal pada Kamis pukul 02.00 WIB, rombongan wisatawan dari Pondok Pesantren Bumiayu Brebes tiba di Pantai Parangtritis Bantul, sesampai di pantai, rombongan beristirahat.

Baca juga: Satu wisatawan tenggelam di Pantai Parangtritis belum ditemukan

Pada pukul 06.00 WIB rombongan menuju tepi Pantai Parangtritis, kemudian korban, atas nama Fatih Abdi Muzaki (13), dan korban Dani Ahwan (15) bermain air, tetapi korban pertama (Fatih) terseret ke tengah, dan korban kedua (Dani) mencoba untuk menolong, tapi malah ikut terseret.

Dia mengatakan petugas Sarsatlinmas dan SAR Ditpolair yang sedang berpatroli langsung memberikan pertolongan, dan korban Dani Ahwan berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke pantai untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Tetapi korban atas nama Fatih Abdi Muzaki (13) warga Cibitung Bekasi masih dalam pencarian SAR gabungan," katanya.

Baca juga: Tujuh wisatawan terseret ombak Pantai Parangtritis, lima orang selamat

Baca juga: BMKG imbau wisatawan waspadai gelombang tinggi di Pantai Selatan Jawa

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021