Yogyakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah memperoleh izin mendirikan sekolah jenjang taman kanak-kanak sampai sekolah dasar di Australia dengan nama Muhammadiyah Australia College (MAC).

"Alhamdulillah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memperoleh izin operasional sekolah Muhammadiyah di Australia," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat konferensi pers di Kantor PP Muhamadiyah di Yogyakarta, Rabu.

Haedar menjelaskan izin resmi pendirian MAC di 1-3 Killarney, Drive, Melton Victoria, Australia diperoleh dari pemerintah Australia melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria pada 21 Desember 2021.

Baca juga: 30 Perguruan Tinggi Muhammadiyah gandeng Universitas Brunei

Pendirian MAC, ujar dia, dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan di ranah global yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa.

"MAC melengkapi babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam berkemajuan yang berwawasan rahmatan lilalamin di dunia internasional melalui program internasionalisasi Muhammadiyah," kata dia.

Untuk mendirikan MAC, PP Muhammadiyah membeli lahan seluas satu hektare lebih berlokasi di 1-3 Killamey Drive, Melton, Victoria, Australia 3337.

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Australia selanjutnya memroses izin registrasi MAC ke VRQA.

Sebelum proses pendirian MAC, menurut Haedar, PCIM Australia melakukan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia dan non-Indonesia yang ada di Victoria untuk mencari masukan tentang proses registrasi guna menyusun langkah-langkah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Setelah mempersiapkan pemenuhan semua persyaratan untuk registrasi sekolah baru dan mendapat masukan dari VQRA, pada tanggal 21 Desember 2021 terbit surat izin operasional untuk MAC.

Baca juga: Kampus Muhammadiyah se-Indonesia kumpul, perkuat Internasionalisasi

Baca juga: Muhammadiyah dirikan universitas di Malaysia


Sejak tanggal 21 Desember 2021 tersebut, Muhammadiyah Australia College telah resmi dan sah secara hukum untuk beroperasi di Australia.

Pendirian sekolah di Australia merupakan kelanjutan dari program "Internasionalisasi Muhammadiyah".

Selain mengembangkan PCIM-PCIA, beasiswa dan diaspora kader, forum-forum dialog antaragama dan perdamaian, serta program-program kemanusiaan di ranah global, secara khusus mengembangkan amal usaha strategis di luar negeri.

Setelah mendirikan Markas Dakwah dan TK ABA di Kairo Mesir, Usaha Ekonomi PCIM Malaysia, Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), dilanjutkan pendirian MAC.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021