Hujan deras disertai angin kencang itu terjadi pada Senin petang
Sidoarjo (ANTARA) - Belasan rumah warga yang ada di Desa Trompo Asri, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jatim mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang yang melanda wilayah setempat, Senin petang.

Salah satu warga, Hartoyo di Sidoarjo mengatakan, selain kerusakan rumah, hempasan angin kencang tersebut juga mengakibatkan sembilan tiang listrik miring dan hampir roboh menimpa rumah warga.

"Hujan deras disertai angin kencang itu terjadi pada Senin petang. Kami sekeluarga sempat takut karena tiang listrik yang sudah miring dan akan mengenai rumah," ucapnya.

Ia mengatakan, angin kencang yang terjadi tersebut juga membuat warga sempat panik saat kejadian berlangsung.

Baca juga: Angin kencang berpotensi melanda sejumlah wilayah di Jatim

Baca juga: BMKG: Wilayah Jatim berpotensi terjadi angin kencang dan hujan deras


"Warga sempat panik, karena tiba-tiba banyak atap rumah warga baik itu dari asbes atau genteng yang berterbangan," katanya.

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan hujan deras disertai angin kencang terjadi di tiga desa, yakni Desa Trompo Asri, Semambung, dan Kedung Rejo Kecamatan Jabon Sidoarjo.

"Dari kejadian di tiga desa tersebut rumah milik warga mengalami rusak ringan," kata Dwijo.

Sementara itu Kepala PLN Sidoarjo Muhammad Eryan Sahputra mengatakan, adanya kejadian hujan disertai angin kencang di wilayah Jabon, sembilan tiang listrik yang roboh.

"Akibat peristiwa itu ada sembilan tiang listrik penyulang Kalisoga Jabon Sidoarjo roboh," kata Eryan di lokasi kejadian.

Eryan mengatakan, untuk sementara ada dua gardu yang mati, serta 645 pelanggan yang masih padam.

"Kami kerahkan regu Pelayanan Teknik dari 3 ULP (Porong, Krian, Sidoarjo Kota), regu PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) UP3 Sidoarjo, dan mitra PLN Sidoarjo. Dengan jumlah 50 petugas, diusahakan malam ini listrik harus menyala," katanya.

Baca juga: Angin kencang rusak sejumlah rumah di Sukodono

Baca juga: BMKG prediksi angin kencang di sejumlah wilayah Jatim

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021