..semua jalur sepanjang 23,4 kilometer dengan 13 stasiun juga sudah dipasangkan penangkal petir sehingga kemungkinan sambaran petir bisa diantisipasi
Sumatera Selatan (ANTARA) - Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKAR Sumsel) memastikan moda transportasi light rail transit (LRT) aman dari gangguan cuaca buruk seperti hujan deras disertai petir yang intensitasnya sedang meningkat saat ini.

Kepala BPKAR Sumsel Prih Galih di Palembang, Senin mengatakan, kepastian tersebut karena semua komponen sarana dan prasarana penunjang operasional LRT yang sebagian besar bertenaga listrik sudah didesain sedemikian rupa sehingga aman untuk digunakan.

Prih Galih mencontohkan, penyaluran listrik untuk operasional LRT menggunakan rel ketiga (third rail) yang terpisah dari komponen trainset.

Kemudian saluran yang bertegangan daya listrik 750 VDC tersebut juga dibungkus rapat dengan alat pelindung sehingga aliran listrik tidak menyambar keluar dari jaringan.

"Masyarakat tidak perlu ragu. Apalagi semua jalur sepanjang 23,4 kilometer dengan 13 stasiun juga sudah dipasangkan penangkal petir sehingga kemungkinan sambaran petir bisa diantisipasi," ujarnya.
Baca juga: Menhub tinjau konektivitas transportasi antarmoda di Palembang
Baca juga: Menhub dukung pengembangan transportasi ramah lingkungan di Palembang


Menurut dia, BPKAR memiliki delapan unit trainset masing-masing enam unit dioperasionalkan dan dua lainnya sebagai cadangan.

Semuanya trainset berbahan yang menggunakan allumunium alloy dan kabin menggunakan komposit. Bahan tersebut selain mudah dalam perawatan juga aman.

Masing-masing trainset, lanjutnya, juga dirancang untuk depat melaju dengan kecepatan yang aman. Dalam pengoperasiannya, kecepatan maksimal adalah 85 km per jam.

"Meskipun pabrik merancangnya mampu berkecepatan 100 Km per jam tapi dalam pengoperasian hanya maksimal 85 Km per jam. Itu semua dikontrol oleh petugas dari ruang OCC," papar Prih Galih.

Baca juga: Deputi Kantor Staf Presiden minta Pemkot Palembang optimalkan LRT
Baca juga: Pengamat ingatkan LRT Jabodebek jangan ulangi kesalahan di Palembang

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021