Cirebon (ANTARA) - Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan arus lalu lintas pada libur Natal masih terpantau lancar karena hingga kini tidak ada kendala meskipun ada peningkatan dibanding hari biasa.

"Arus lalu lintas masih normal, artinya tidak ada kepadatan dan kemacetan," katanya, di Cirebon, Jumat, saat meninjau Gerbang Tol (GT) Palimanan.

Aan mengatakan pada hari Kamis (23/12) memang terjadi peningkatan, namun tidak terlalu signifikan di mana peningkatan hanya 10 persen, bahkan untuk yang sampai ke GT Palimanan hanya 9 persen.

Baca juga: Menhub ingatkan penanganan lalu lintas harus tetap humanis

Meskipun terdapat peningkatan, kata dia, arus lalu lintas di tol maupun jalur arteri masih lancar, bahkan tidak ditemukan titik kemacetan.

"Lalu lintas tidak ada hambatan, meskipun ada peningkatan 10 persen, khususnya di jalan tol," tuturnya.

Aan menambahkan dengan peningkatan hanya 10 persen, menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk tidak pulang kampung di masa pandemi COVID-19 cukup tinggi.

Baca juga: Jasa Marga: Arus lalu lintas jalan tol meningkat 20,01 persen
Baca juga: Jasa Marga: Arus lalu lintas Japek tertinggi pada pagi dan sore


Hal itu berkontribusi terhadap kelancaran arus lalu lintas, baik di jalan tol maupun arteri. Untuk itu ia berpesan kepada masyarakat yang terpaksa bepergian pada akhir Natal dan Tahun Baru 2022 agar tetap menaati imbauan pemerintah.

"Kesadaran masyarakat kita di masa pandemi ini untuk tidak pulang kampung cukup tinggi, terlihat dari arus lalu lintas yang tidak terlalu ramai," katanya.

Ia memastikan selama peninjauan dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan, kendaraan yang melintas masih lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021