Pemasangan kandang jebak melibatkan Tim Patroli Anak Nagari (Pagari) Baringin dan masyarakat setempat
Agam, Sumbar (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melalui Resor Agam  memasang kandang jebak, Kamis, untuk mengevakuasi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang masuk ke pemukiman warga sejak beberapa waktu terakhir. 

Satwa dilindungi itu masuk ke pemukiman warga di Maua Hilia, Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan. 

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Ade Putra di Lubukbasung, Agam, Kamis, mengatakan kandang jebak tersebut dipasang di dua lokasi berbeda dengan jarak sekitar 400 meter.

Baca juga: Harimau sumatera yang ditangkap di Palas ditangani secara medis

"Pemasangan kandang jebak melibatkan Tim Patroli Anak Nagari (Pagari) Baringin dan masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan lokasi pemasangan kandang ini merupakan daerah terakhir munculnya harimau tersebut.

Di lokasi itu ditemukan jejak kaki satwa dengan kondisi baru dan ini berdasarkan identifikasi yang dilakukan Tim KSDA Agam.

"Kami memberi umpan untuk menarik agar satwa dilindungi Undang-undang 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistimnya itu, masuk ke dalam kandang jebak. Kami juga memasang kamera jebak di sekitar kandang," katanya.

Baca juga: Seekor harimau sumatera di Padang Lawas Sumut berhasil ditangkap

Apabila masuk kandang jebak, tambahnya, maka satwa tersebut bakal diobservasi dan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Setelah dinyatakan sehat maka satwa ini langsung dilepasliarkan di habitatnya.

"Kalau harimau dalam keadaan sakit dan memerlukan penanganan rehabilitasi, akan kami kirim ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya milik Yayasan Arsari," katanya.

Ia mengakui pemasangan kandang jebak itu merupakan langkah terakhir yang dilakukan setelah konflik manusia dengan satwa liar.

Baca juga: Harimau yang meresahkan warga di Palas akhirnya masuk perangkap

Sebelumnya, Tim KSDA Agam telah melakukan pengusiran satwa ini selama 10 hari setelah satwa memangsa sapi milik warga setempat.

Setelah pengusiran dengan menggunakan bunyi-bunyian, satwa itu kembali masuk pemukiman dan sempat mengejar ternak warga.

"Upaya penghalauan dan penanganan telah kita lakukan, namun harimau masih masuk pemukiman, sehingga kita melakukan evakuasi," katanya.

Baca juga: Harimau Sumatera serang ternak warga Agam

Sementara Wali Nagari Silareh Aia, Iron Maria Edi menambahkan masyarakat Maua Hilia sangat resah dengan munculnya harimau ini semenjak satu bulan lalu.

"Masyarakat tidak fokus saat pergi ke kebun dan mereka tidak memanen sawit dan pinang," katanya.

Ia berharap harimau bisa diamankan sehingga masyarakat memiliki keberanian ke kebun dan ekonomi masyarakat akan membaik.

Konflik manusia dengan harimau ini merupakan pelajaran bagi masyarakat dan pemerintah nagari, karena harus koreksi dan tidak merusak lingkungan.

Baca juga: Harimau kembali muncul di pemukiman warga Agam

Baca juga: BKDSA Sumbar pasang kamera jebak di lokasi ternak dimangsa harimau


 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021