sekitar 23 sampai 24 Desember ini
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres memperkirakan tren peningkatan penumpang mudik akan terjadi pada 23 dan 24 Desember 2021 atau menjelang Natal.

"Sepertinya puncak peningkatan penumpang, sekitar 23 sampai 24 Desember ini," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut , lanjut dia, karena penumpang akan mengejar keberangkatan untuk sampai di kampung halaman tepat pada libur Natal pada 25 Desember.

Lebih lanjut, Revi juga mengatakan ada perubahan tren tujuan saat akhir 2021 ini.

Saat ini, perjalanan paling banyak yakni menuju Padang, Jawa Tengah, Lampung, dan Jawa Barat.

Hal tersebut dikarenakan mayoritas yang pulang ke kampung halaman adalah warga yang berprofesi sebagai pedagang.

Para pekerja yang mayoritas berasal dari wilayah Jawa diperkirakan sudah pulang ke kampung halaman saat masa pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran karena pandemi beberapa waktu lalu.

Terkait arus balik, Revi memperkirakan penumpang akan kembali memenuhi Terminal Kalideres pada 1 Januari 2022.

"Nanti arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal satu karena di tanggal tiga sudah jatuh di hari Senin. Jadi mungkin masyarakat akan mengincar hari kerja di Senin," kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Revi pun sudah melakukan beberapa persiapan salah satunya menyiapkan tiga jenis pos di lokasi terminal.

Tiga jenis pos itu terdiri dari posko keamanan , posko kesehatan dan pengecekan  untuk memeriksa kondisi mesin bus.

"Itu tugasnya memeriksa kelayakan jalan bus yang akan berangkat supaya dipastikan bus yang berangkat layak jalan sehingga penumpang itu bisa selamat sampai tujuan," kata Revi.

Dengan kesiapan ini, Revi memastikan pihaknya sudah siap menerima lonjakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.


Baca juga: Terminal Kalideres siapkan tiga pos menjelang Natal dan tahun baru

Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres harap biaya antigen gratis saat Nataru



 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021