sudah menghabiskan sekitar 30 menit berada di dekat Presiden di pesawat Air Force One dalam perjalanan dari Orange, Karolina Selatan menuju Philadephia
Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden terkonfirmasi negatif COVID-19 setelah ia diberi tahu bahwa anggota staf tingkat menengah Gedung Putih yang berada di dekatnya selama 30 menit dalam pesawat Air Force One terkonfirmasi positif pada Senin pagi, demikian menurut keterangan White House.

Hasil tes PCR Biden yang diterima Senin setelah kasus tersebut dilaporkan juga negatif, sama halnya dengan hasil tes antigen yang keluar pada Minggu sebagai bagian dari tes reguler, kata Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam keterangannya.

Karena panduan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak mewajibkan orang yang sudah divaksin lengkap untuk menjalani karantina setelah terpapar, Psaki mengatakan Biden (79) “akan melanjutkan jadwal hariannya”.

Anggota staf “ menghabiskan sekitar 30 menit berada di dekat Presiden di pesawat Air Force One dalam perjalanan dari Orange, Karolina Selatan menuju Philadephia” pada Jumat, kata Psaki.

Anggota staf itu sudah disuntik vaksin lengkap dan booster serta sudah dites negatif sebelum naik pesawat Air Force One dan tidak mengalami gejala hingga Minggu, katanya.

Psaki tidak menyebutkan identitas anggota staf tersebut yang menurut dia tidak sering melakukan kontak dengan Biden.

Penumpang lain dalam Air Force One yang juga berkontak erat dengan anggota staf itu sedang dihubungi dan akan disarankan untuk segera menjalani tes, katanya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Biden negatif COVID-19, minta debat ditunda jika Trump masih positif
Baca juga: Petinggi Gedung Putih kena COVID-19, terakhir bertemu Biden Selasa
Baca juga: Biden pertimbangkan wajib vaksin COVID-19 bagi pegawai federal


Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021