Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan dan menandai lahan relokasi korban letusan Gunung Semeru dengan mencangkul lahan, di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jumat.
 
"Saya ucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat yang selama ini bantuannya telah banyak mengalir ke sini seperti Gus Miftah, saya juga membawa beberapa teman pengusaha. Insya Allah nanti semua akan bekerja dengan baik," kata Mahfud dalam siaran persnya.
 
Relokasi bagi korban letusan itu agar para korban yang tersebar di beberapa lokasi pengungsian dipindahkan ke tempat yang nyaman, aman, dan dengan dilengkapi fasilitas yang layak serta memenuhi standard kesehatan.

Baca juga: Wapres minta Jatim upayakan relokasi warga terdampak erupsi Semeru
 
Mahfud pun mengapresiasi langkah cepat Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan semua pemangku kepentingan yang telah bahu membahu dan kompak dalam penanganan bencana.
 
"Alhamdulilah pemerintah, pemda dan kabupaten telah bekerja keras dan mendapat tanah seluas 80an hektar ini," kata Mahfud.
 
Di atas lahan seluas 81,55 hektare ini akan segera dibangun sekitar 2.000 unit hunian sementara dan hunian permanen bagi para pengungsi.
 
Dalam kesempatan ini, Menko Polhukam juga berpesan kepada personel TNI dan Polri agar senantiasa hadir untuk masyarakat hingga ke tahap penanganan pasca-bencana.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021