London (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah membatalkan rencana awalnya untuk mengunjungi Presiden Joe Biden tahun ini lantaran jadwal padat AS dan berniat untuk bertolak ke negara itu awal tahun depan, menurut sumber terpercaya.

Sejak menjabat pada Oktober, Kishida menegaskan bahwa Ia berusaha menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Biden sesegera mungkin untuk memperkuat hubungan kedua negara tersebut, tetapi pemerintah AS tengah berfokus pada pengesahan undang-undang sosial berskala besar yang membuat pertemuan itu sulit dilakukan.

Kishida saat ini berencana untuk mengunjungi AS antara awal tahun hingga 17 Januari 2022 saat sesi reguler parlemen kemungkinan akan berlangsung, namun sesi itu bisa tertunda hingga Februari atau bahkan lebih lama lagi, kata pemerintah dan sumber partai yang berkuasa pekan ini.

Satu dari beberapa sumber mengatakan bahwa penundaan kunjungan Kishida ke AS kemungkinan akan berdampak kecil pada hubungan bilateral karena PM itu telah bertemu Biden secara singkat di sela-sela konferensi iklim PBB COP26 di Glasgow bulan lalu.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Kishida mungkin batal bertemu Biden akibat Omicron
Baca juga: HYBE umumkan rilis grup baru di AS dan Jepang


Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021