Lubukbasung (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Lubukbasung di Kabupaten Agam, Sumatera Barat melakukan kerja sama dengan Panti Asuhan Putra Muhammadiyah setempat dalam melakukan pembinaan mental warga binaan pemasyarakatan, agar mereka bisa diterima di masyarakat.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatangan perjanjian kerjasama antara Kepala LP Lubukbasung, Suroto, dengan Ketua Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung, Dabesri Bara, di dalam komplek lembaga pemasyarakatan itu, Rabu (15/12).

"Kami mengucapkan terima kasih ke Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung yang telah menjalin kerjasama," kata Suroto, di Lubukbasung, Rabu.

Baca juga: Lapas Talu Pasaman Barat bina warga binaan dengan kegiatan keagamaan

Ia mengatakan, kerja sama itu tentang program asimilasi bagi warga binaan dengan kasus narkotika dan juga terkait pembinaan mental dari warga binaan, sehingga setelah menjalankan masa hukuman mereka bisa diterima masyarakat dan tidak mengulangi perbuatannya.

"Dalam pembinaan itu, kita harus menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dan pembinaan diadakan dalam LP," katanya.

Selain pembinaan mental, katanya, LP juga menjalin kerjasama dengan Balai Latih Kerja tentang pembinaan keterampilan, kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum tentang pengetahuan hukum dan lain. "Kami bakal melakukan kerja sama dengan pihak ketiga lain dalam pembinaan koperasi dan lainnya," katanya.

Baca juga: Lapas Nunukan bina 25 napi WNA kasus narkoba

Warga binaan di LP Lubukbasung berjumlah 284 orang dan kasus narkotika lebih banyak sekitar 60 persen.

Sementara Bara menambahkan pihaknya berusaha semampu untuk menjadikan mereka menjadi orang baik, sehingga diterima masyarakat. "Kami berusaha semampun kami sesuai ilmu yang dimiliki baik segi agama maupun ilmu lainnya," katanya.

Sebelumnya Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung juga bekerjasama tentang tindak pidana korupsi. Warga binaan itu dibina di Panti Asuhan Putra Muhamnadiyah Lubukbasung tentang ilmu agama dan pengetahuan lain.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021