Masyarakat Sumbar siapkan 7 ton rendang bantu korban Semeru

Masyarakat Sumbar siapkan 7 ton rendang bantu korban Semeru

Ilustrasi petugas mengumpulkan bantuan paket rendang di posko bantuan untuk korban bencana. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/18)

Padang (ANTARA) - Masyarakat Sumatera Barat berinisiatif untuk mengumpulkan tujuh ton rendang untuk membantu korban bencana Gunung Semeru, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) sebagai bentuk empati terhadap saudara sebangsa.

"Terkait dengan musibah erupsi Semeru di Lumajang, gubernur mengajak seluruh OPD dan juga bagi masyarakat Sumbar agar ikut membantu korban dengan mengumpulkan rendang. Pengumpulan bantuan rendang dengan target minimal 1 ton, selambat-lambatnya dikumpulkan ke BPBD Sumbar Jumat 10 Desember 21 pukul 17.00 WIB," ujar Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal, di Padang, Kamis.
 

Pengumpulan rendang itu dilakukan secara terpisah melibatkan banyak pihak. Mantan Wali Kota Padang, Fauzi Bahar melakukan penggalangan bantuan dengan menggandeng lembaga penyalur bantuan, Lanud Sutan Syahrir, Gebu Minang Sumbar, PPM Sumbar bersama wanita Koperasi IKA Boga Kota Padang dengan target 5 ton rendang.
 

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menginisiasi masak rendang bersama dengan bundo kanduang atau ibu-ibu di daerahnya. Tiga ekor sapi disembelih untuk membuat satu ton rendang yang juga akan dikirimkan bagi korban erupsi Semeru.

Baca juga: Dharmasraya masak satu ton rendang untuk Lumajang

Baca juga: Human Initiative Sumbar salurkan rendang ke duafa saat pandemi

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi juga menginisiasi pengumpulan rendang dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk disalurkan pada korban erupsi Semeru. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan oleh Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Sabtu (11/12).
 

"Bantuan direncanakan akan dikirimkan ke Lumajang pada hari Sabtu 11 Desember 2021 dan langsung dibagikan kepada masyarakat di lokasi pengungsian," katanya.

Selain pengumpulan rendang, menurut Jasman, bantuan lain juga dilakukan, diantaranya lewat penggalangan sumbangan melalui Sumbar Peduli Sesama dengan sasaran untuk masyarakat yang terdampak juga disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Termasuk juga bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar.
 

Terkait bencana yang merenggut korban jiwa dan ribuan masyarakat terdampak tersebut, Gubernur secara pribadi melalui akun instagramnya pada Sabtu (4/12) juga telah menyampaikan secara langsung ungkapan belasungkawa.
 

“Gubernur juga mengajak segenap masyarakat untuk mendoakan keselamatan dan diberikan kesabaran untuk saudara-saudara yang terkena musibah di Lumajang,” ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Padang nilai rendang masakan pemersatu

Baca juga: Ibu Negara inginkan rendang dicintai dunia dan diakui UNESCO

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021