PMI Sidoarjo kirimkan kebutuhan dasar pengungsi Semeru

PMI Sidoarjo kirimkan kebutuhan dasar pengungsi Semeru

PMI Sidoarjo berangkatkan bantuan korban Gunung Semeru (Antara Jatim/SI/VM)

Sidoarjo (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mengirimkan kebutuhan dasar para pengungsi peningkatan aktivitas Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Ketua PMI Kabupaten Sidoarjo Ahmad Zaini di Sidoarjo Rabu mengatakan, bantuan berupa bahan pokok, kebutuhan hidup sehari hari ke PMI Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Tim Logistik PMI kabupaten Sidoarjo hari ini mengirimkan bantuan yang dibutuhkan sesuai yang diinginkan oleh tim PMI Lumajang beserta TNI yang berada di sana," ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahap awal pengiriman bantuan kali ini, PMI Kabupaten Sidoarjo mengirimkan makanan siap saji berupa mie instan, dan beras serta kue kering.

Baca juga: PMI kirimkan bantuan dan personel untuk pengungsi erupsi Semeru

Baca juga: PMI Kota Magelang kirim bantuan korban erupsi Semeru


Selain itu, kata dia, juga dikirimkan 300 lembar selimut, pampers balita, pembalut wanita, susu, serta makanan ringan.

"Kami sudah menyiapkan segala keperluan yang diminta oleh satgas PMI di Lumajang sebagai upaya respons cepat kepada korban Gunung Semeru ini," ujarnya.

Ia mengatakan, yang utama pihaknya mengirimkan kebutuhan dasar dulu, sesuai hasil kaji cepat.

"Kemudian evakuasi, layanan kesehatan, dan juga pendampingan pengungsi jika nanti ke depannya diperlukan," tutur Zaini .

Ia mengatakan, pemberangkatan bantuan kebutuhan dasar dengan mobil pick up yang dikirimkan ke PMI Lumajang dari halaman gedung UTD PMI Sidoarjo.

"PMI Sidoarjo nantinya juga akan mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (assesmen) kebutuhan serta evakuasi masyarakat sekitar jika diperlukan," ujarnya.

Baca juga: PMI DIY kirim bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru

Baca juga: PMI Banjarnegara salurkan bantuan untuk warga terdampak letusan semeru

 
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021