Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN menunjuk Budiono Sandi sebagai Komisaris PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

"Kementerian BUMN menetapkan Irjen. Pol. (Purn) Budiono Sandi sebagai Komisaris PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI," ujar Direktur Utama PT RNI Arief Prasetyo Adi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Arief, penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-390/MBU/12/2021 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT RNI (Persero), pada Senin (6/12).

Budiono Sandi merupakan Purnawirawan Polisi Republik Indonesia yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Jenderal bintang dua ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987 yang aktif mengembangkan bakatnya dibidang intelejen dan telah mengalami penugasan di berbagai negara, berbagai wilayah di Tanah Air, dan posisi di struktur Kepolisian.


Baca juga: Erick Thohir tunjuk Bayu Krisnamurthi jadi Komisaris Utama RNI



Jabatan lain yang pernah diemban Budiono Sandi di Kepolisian diantaranya Direktur Intel Polda Metro Jaya pada tahun 2011-2012, Wakil Kepala Densus 88 Anti Teror pada tahun 2012-2013.

Kemudian dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Kerjasama Bilateral BNPT pada tahun 2013-2018, terakhir sebagai Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT tahun 2018-2021.

Direktur Utama PT RNI, Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa dengan susunan Dewan Komisaris yang baru, RNI bersama BUMN Klaster Pangan siap untuk meningkatkan kinerja guna turut serta berkontribusi memperkuat ketahanan pangan nasional melalui ketersediaan, peningkatan kualitas produk, keterjangkauan, kesinambungan, dan inklusivitas pangan nasional.


Baca juga: Erick Thohir lakukan alih tugas dan perubahan nomenklatur direksi RNI

Perubahan susunan Dewan Komisaris RNI ini sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir pada kesempatan berbeda, dan akan terus memastikan transformasi di tubuh BUMN Pangan terus terjadi dan ada hasilnya. Sebagai salah satu sektor strategis, pihaknya menegaskan akan sangat serius memantau sektor pangan dalam 1 tahun ke depan. Menteri BUMN Erick Thohir pun berpesan agar semua pimpinan BUMN dapat seiring - sejalan melakukan transformasi di perusahaannya.

Melalui penetapan tersebut, susunan Dewan Komisaris RNI per tanggal 6 Desember 2021 menjadi sebagai berikut:

1. Bayu Krisnamurthi menjabat Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen

2. Arie Sujito menjabat Komisaris Independen

3. Marsudi Wahyu Kisworo menjabat Komisaris Independen

4. Abdi Mustakim menjabat Komisaris

5. Abdul Rochim menjabat Komisaris

6. Himawan Arief Sugoto menjabat Komisaris

7. Budiono Sandi menjabat Komisaris


Baca juga: PTPN III dan PT RNI jalin kerja sama pengembangan lahan tebu

Baca juga: RNI: "Holding" BUMN pangan ditargetkan terbentuk September 2021

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021