Strategi PB Percasi tingkatkan gairah olahraga catur di Indonesia

Strategi PB Percasi tingkatkan gairah olahraga catur di Indonesia

Suasana peserta JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 saat mengikuti sesi coaching clinic yang diisi Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) terus berupaya meningkatkan gairah olahraga catur di Tanah Air, salah satu strategi yang diterapkan adalah membuat kejuaraan dengan kemasan menarik.

Bidang Organisasi PB Percasi Rikardo mengatakan, salah satu contoh konkret ada dalam gelaran JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 yang berlangsung Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, 4-8 Desember.

Selain peserta bersaing, kata Rikardo, pihaknya juga membuat serangkaian acara seperti coaching clinic, turnamen antar-wartawan dan wasit, serta yang lainnya.

"Turnamen kali ini memang beda dengan yang lain. Selain pertandingan antar pecatur, di sini kami juga turnamen antar wartawan, coaching clinic. Jadi dari PB Percasi ingin menggelar bermacam-macam acara agar peserta juga bergairah dan tidak bosan," ujar Rikardo yang juga bertindak sebagai Ketua Penyelenggara JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 saat ditemui di Senayan, Selasa.

Rikardo juga mengatakan Ketua Umum PB Percasi Grand Master (GM ) Utut Adianto berperan penting dalam pengembangan olahraga catur. Dia menyebut sosok pria 56 tahun itu selalu memberikan waktu untuk olahraga catur di tengah kesibukannya.

Baca juga: GM Utut berbagi ilmu dalam ajang JAPFA FIDE Rated Chess Tournament

"Ketua Umum selalu eksis dan datang ke sini serta turut andil bagaimana meningkatkan gairah dan semangat pecatur muda, sehingga ke depan harapannya kita memiliki pecatur hebat," ujar Rikardo menambahkan.

Rikardo berharap akan ada banyak turnamen ke depan dan dukungan berbagai pihak termasuk dari Kementerian, perusahaan BUMN, dan lainnya.

Sementara itu di tempat yang sama, anggota Komisi III DPR RI Agustiar Sabran yang turut menjadi peserta dalam JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 mengapresiasi langkah yang dilakukan PB Percasi.

Baca juga: PB Percasi bakal memperbanyak turnamen catur klasik

"Meski di tengah segala keterbatasan akibat pandemi COVID-19, PB Percasi masih terus aktif melakukan pembinaan atlet baik secara online maupun offline," kata Agustiar Sabran.

Dia berharap olahraga catur terus bergairah dan prestasi Indonesia di tingkat dunia makin meningkat.

"Antusias masyarakat terhadap olahraga tinju begitu besar. Tentunya, sebagai pecinta catur berharap perhatian pemerintah terhadap olahraga ini makin meningkat dan menjadi prioritas karena banyak prestasi yang telah diraih dari cabang ini," Agustiar menambahkan.

Agustiar telah melakoni tujuh pertandingan dalam JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 dengan mengantongi masing-masing dua hasil menang dan remis, sisanya kalah.

Baca juga: Surya dan GM Susanto berebut posisi puncak turnamen JAPFA FIDE RATED
Pewarta : Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021