Pemkab Kediri buka rekening donasi bantu korban Gunung Semeru

Pemkab Kediri buka rekening donasi bantu korban Gunung Semeru

Tim Tagana Kabupaten Kediri membuat sambel pecel di Kediri, Jawa Timur, untuk membantu korban letusan Gunung Semeru. ANTARA/Asmaul

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, Jawa Timur, membuka rekening khusus donasi untuk korban terdampak awan panas guguran Gunung Semeru (3.676 meter di atas permukaan laut).

"Masyarakat dan ASN yang akan melakukan donasi bisa transfer ke rekening Bank Jatim dengan nomor 0063059200 atas nama Kabupaten Kediri Peduli Semeru," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Selasa.

Dia mengharapkan pembukaan rekening donasi memudahkan masyarakat dan ASN di Kabupaten Kediri yang akan memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban terdampak awan panas guguran Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) itu.

"Donasi ini dibuka mulai tanggal 7 sampai 14 Desember 2021," kata dia.

Baca juga: Polres Garut salurkan bantuan untuk korban letusan Semeru

Selain uang, donasi juga bisa diberikan berupa bahan pokok, selimut, perlengkapan bayi, dan lain- lain. Penyaluran donasi berupa barang di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengatakan pihaknya akan membangun Posko Kabupaten Kediri Peduli Semeru.

Rencananya, pembangunan posko relawan dari Kabupaten Kediri dilakukan pada Kamis (9/12) di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Daerah tersebut berada di lereng selatan hingga tenggara Gunung Semeru dan berbatasan dengan Kabupaten Malang. Lokasi ini berada di seberang Jembatan Perak yang ambruk akibat letusan Semeru.

Baca juga: PT PP salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru

Untuk relawan yang akan berangkat ke Lumajang, ia menegaskan diharuskan tetap berkoordinasi dengan Pemkab Kediri. Relawan yang diberangkatkan berasal dari berbagai latar keilmuan, termasuk dokter.

"Relawan yang akan diberangkatkan dari berbagai berbagai profesi, seperti IDI, kesehatan kemudian yang punya keahlian khusus seperti 'vertical rescue' untuk membantu evakuasi dan lain-lain," kata dia.

Dinas Sosial Kabupaten Kediri membuat sambel pecel sebanyak 1,5 kuintal untuk dikirimkan ke lokasi bencana Gunung Semeru. Sambel tersebut dibuat oleh Tim Tagana Kabupaten Kediri. Rencananya, sambel pecel dikirim pada Rabu (8/12).

Sambel pecel dibuat juga atas rekomendasi Dinsos Provinsi Jawa Timur. Diharapkan bantuan sambel pecel bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan pada korban karena tahan lama. 

Baca juga: Wagub: Bantuan Jateng untuk korban erupsi Semeru terkoordinasi pemda
Baca juga: HKTI gandeng Makanku kirim bantuan makanan siap saji ke Lumajang
Baca juga: Presiden Jokowi pastikan distribusi bantuan korban letusan Semeru
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021