ACT Maluku sediakan sarapan bergizi bagi jamaah masjid di Ambon

ACT Maluku sediakan sarapan bergizi bagi jamaah masjid di Ambon

Relawan ACT Cabang Maluku membagikan sarapan kepada para pedagang di pasar ikan Arumbai, Mardika, Kota Ambon. ANTARA/HO-ACT Cabang Maluku.

Ambon (ANTARA) - Organisasi nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Maluku menyediakan sarapan bagi para jamaah masjid-masjid di Ambon yang berasal dari keluarga prasejahtera, guna mendukung ketersediaan pangan sehat dan bergizi bagi mereka.

"Kami menyediakan sarapan sehat dan bergizi bagi jamaah masjid melalui program Aksi Safari Subuh. Harapannya dengan sarapan yang kami sediakan, jamaah yang berasal dari keluarga prasejahtera bisa sedikit terbantu," kata Kepala ACT Cabang Maluku Wahab Loilatu di Ambon, Senin.

Ia mengatakan Aksi Safari Subuh merupakan program baru yang digelar oleh ACT Maluku untuk mendukung ketersediaan pangan sehat dan bergizi bagi para jamaah masjid di Kota Ambon. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk keliling dari masjid ke masjid.

Paket sarapan gratis yang disediakan oleh ACT dibagikan kepada para jamaah selepas pelaksanaan shalat subuh. Menu sarapan yang disediakan juga beragam merupakan sumbangan dan sedekah dari berbagai donatur di Maluku.

"Alhamdulillah tidak hanya jamaah masjid, kami juga membagi-bagikan sarapan dari program Aksi Safari Subuh kepada para pedagang di Pasar Arumbai Mardika yang telah ada di sana sejak pagi," ucap Wahab.

Baca juga: ACT Maluku dukung kebutuhan keluarga prasejahtera dengan pangan murah
Baca juga: Selama pandemi, ACT Maluku pastikan bantu makan gratis pekerja harian

Ia berharap ke depannya gerakan berbagi dan bersedekah kepada warga yang tidak mampu melalui Aksi Safari Subuh tidak hanya di Kota Ambon, tapi juga bisa digelar di berbagi wilayah lainnya di Maluku, sehingga warga prasejahtera yang lainnya juga bisa terbantu.

Wahab mengajak warga yang merasa berkelebihan untuk bergerak bersama dengan ikut berdonasi melalui nomor rekening Aksi Cepat Tanggap Maluku 7164170858 di Bank Syariah Indonesia dan nomor rekening 8710222222 untuk Bank Muamalat, atau mengunjungi langsung kantor ACT Maluku di jalan Mutiara Nomor 57, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau.

Para dermawan juga bisa mengecek pelaksanaan Aksi Safari Subuh yang telah dilaksanakan di situs maluku.indonesiadermawan.id/SedekahSubuh.

"Mari kita gerakkan bersama Aksi Safari Subuh untuk mengapresiasi para pejuang subuh yang sudah berjuang bangun pagi agar dapat melaksanakan shalat berjamaah di masjid, terutama mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera," kata Wahab Loilatu.

Seorang penjual ikan di Pasar Arumbai, Kia (40) mengatakan karena harus berjualan di pasar pada pagi hari, Kia terkadang tidak sempat sarapan di rumah dan harus memesan teh hangat dari warung di pasar. Ia merasa terbantu dengan penyediaan sarapan yang dibagikan oleh ACT Cabang Maluku melalui Aksi safari Subuh.

"Ini pertama kali saya melihat ada gerakan berbagi makan gratis. Kami disediakan sarapan dan teh hangat. Terima kasih banyak semoga Allah balas kebaikan mereka yang berbagi dengan kami," ucap Kia.

Baca juga: ACT-MRI salurkan makanan siap saji untuk anak pengungsi korban gempa
Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021