Jakarta (ANTARA) - Liverpool pada Rabu dini hari WIB mengumumkan mereka merekrut kiper legendaris Brazil, Claudio Taffarel, untuk bergabung masuk ke dalam jajaran staf pelatih klub.

Meski direkrut Liverpool, Taffarel akan tetap merangkap dengan tugasnya sebagai pelatih kiper timnas Brazil tiap kali Selecao bertanding di kompetisi internasional.

Laman resmi Liverpool menyatakan Taffarel telah mengantungi izin kerja dari pemerintah Inggris dan akan menjadi pelatih kiper ketiga klub Liga Inggris tersebut bersama John Achtenberg dan Jack Robinson.

Juergen Klopp mengaku kedatangan Taffarel tidak lepas dari konsultasinya dengan kiper Alisson Becker yang merasakan tangan dingin Taffarel di timnas Brazil.

Baca juga: Liverpool daftarkan empat kiper untuk Liga Champions

Ia juga mengaku perekturan Taffarel tidak lepas dari keinginannya untuk membangun filosofi pola permainan kiper yang khas.

"Kami ingin membangun filosofi kami sendiri di departemen kiper, sebab kami sepakat bahwa posisi itu punya permaiannya sendiri, itulah mengapa melakukan pendekatan yang berbeda," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool.

"Kami berbicara dengan Ali (Alisson), sebab dua di antara kiper terbaik di dunia berasal dari Brazil dan mendapatkan solusi untuk mendatangkan Taffarel yang merupakan tambahan luar biasa bagi staf pelatih kami.

Baca juga: Mungkinkah Alisson jadi kiper kedua pemenang Ballon d'Or?

"Kami sangat ingin menjadi poros pelatihan kiper yang ajeg di dunia sepak bola, itulah mengapa kami mendatangkan pelatih kiper ketiga yang sangat berpengalaman," ujarnya panjang lebar.

Taffarel pensiun pada 2003 dengan catatan 101 penampilan untuk Brazil dan torehan gelar juara Piala Dunia 1994.

Ia kemudian sempat menjadi pelatih kiper Galatasaray dan dua kali menjabat sebagai manajer interim pada 2014 dan 2015 di klub Turki itu sebelum bergabung jadi pelatih kiper timnas Brazil.

Baca juga: Liverpool berhasil rekrut kiper muda berbakat dari Fluminese

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021