Erick juga mampu meraih skor tertinggi dalam penerapan sistem merit.
Jakarta (ANTARA) - Relawan Kerja Erick Thohir (Raket) Merdeka Provinsi DKI Jakarta mendeklarasikan diri mendukung kebijakan Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus mengapresiasi prestasi kepemimpinannya demi mewujudkan Indonesia Maju.

"Kami di sini berkumpul dengan inisiasi yang sama tanpa paksaan, tanpa ada hal-hal kepentingan apa pun, murni sebagai dukungan kepada beliau di pemerintahan saat ini," kata Ketua Raket Merdeka Provinsi DKI Jakarta Riko Wesley berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan Riko usai acara deklarasi di Jakarta, Sabtu.

Para sukarelawan menilai kinerja Erick di Kabinet Indonesia Maju berprestasi karena membawa perubahan yang lebih maju di BUMN. Gebrakan dan capaian yang dilakukan oleh Erick pun dipaparkan oleh Riko.

Pertama, Erick Thohir mengangkat dua wakil menteri BUMN demi meningkatkan efektivitas birokrasi sebagaimana misi Presiden RI. Kedua, Erick menambah satu struktur baru di lingkup Kementerian BUMN, yaitu inspektorat jenderal (itjen).

Fungsi dari itjen, kata Riko, adalah untuk melakukan pengawasan, baik di lingkup internal kementerian BUMN maupun di perseroan.

"Kehadiran itjen merupakan bentuk upaya Erick mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik," ujar Riko.

Ketiga, Erick juga merestrukturisasi para pejabat di kementeriannya. Langkah tersebut, menurut Riko, menandakan bahwa Erick menyapu bersih seluruh pejabat eselon I di Kementerian BUMN.

Di samping itu, gebrakan Erick di luar Kementerian BUMN adalah bertindak cepat menanggulangi pandemi dengan mendatangkan alat PCR dan menyulap aset BUMN menjadi Rumah Sakit Darurat COVID-19.

Pada masa kepemimpinan Erick, BUMN Kratakau Steel pun mengalami keuntungan sebesar Rp800 miliar setelah sempat merugi sejak 2012.

"Erick juga mampu meraih skor tertinggi dalam penerapan sistem merit. Saat ini Kementerian BUMN telah mengantongi nilai 319 sama dengan Kementerian Keuangan," kata Riko.

Ia juga menegaskan bahwa deklarasi dari Raket Merdeka DKI Jakarta yang berupa dukungan dan apresiasi itu disampaikan secara spontan tanpa berkoordinasi dengan Erick Thohir.

Bahkan, sampai sekarang Raket Merdeka terus membahas rencana ke depan untuk memberikan dukungan kepada Erick.

"Semua kinerja ini kami lakukan secara musyawarah, saya sebagai ketua sifatnya hanya mengoordinasikan yang menjadi aspirasi dari teman-teman sukarelawan," pungkas Riko.

Baca juga: Kelompok Milenial apresiasi kinerja Erick Thohir

Baca juga: LPIPB apresiasi capaian kinerja laba bersih BUMN


Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021