Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, Muhammad Nurrahman mengimbau warga di wilayah itu yang dokumen kependudukannya 
hilang atau rusak akibat banjir untuk segera melapor dan mengurusnya ke instansi terkait.

Nurrahman mengatakan, warga yang mengalami kerusakan atatau kehilangan dokumen kependudukan akibat banjir dapat menghubungi petugas Dukcapil Jakarta Timur untuk mengetahui pelayanan dokumen kependudukan.

"Sebenarnya kita di media sosial Instagram, kita sudah memberikan nomor pelayanan, jadi masyarakat kalau kondisi (dokumennya) hilang ataupun rusak sampaikan di nomor pelayanan itu," kata Nurrahman di Jakarta, Kamis.

Nurrahman menambahkan untuk informasi nomor pelayanan Sudin Dukcapil dapat dihubungi melalui nomor pelayanan pencatatan capil (Capil) yakni 0813-8824-9415. Kemudian untuk nomor daftar penduduk (Dafduk), 0813-8859-0204.

"Saat musim hujan biasanya dokumen kependudukan mengalami kerusakan karena banjir," ujar Nurrahman.

Nurrahman juga mengingatkan kepada Ketua RT maupun RW apabila di lingkungannya ada warga yang mengalami kerusakan atau kehilangan dokumen akibat banjir untuk segera dilaporkan ke Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Dukcapil di kelurahan setempat.

"Untuk pak RT atau pak RW, apabila satu lingkungan mengalami (banjir) segera laporkan ke Kasatpel kami, sehingga kita bisa melakukan pelayanan jemput bola untuk perbaharui dokumen yang mengalami kerusakan tersebut," ujar Nurrahman.
Baca juga: Sudin Dukcapil Jaktim jemput bola layani dokumen kependudukan
Baca juga: Tips cegah kerusakan dokumen kependudukan ala Sudin Dukcapil Jaksel

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021