Medan (ANTARA) - Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Yong Kim memuji penanganan pandemi COVID-19 Indonesia yang menunjukkan penurunan signifikan, terutama gelombang kedua di Medan, Sumatera Utara.

"Itu sebabnya AS bangga telah mendonasi lebih dari 13 juta vaksin ke Indonesia. Kita akan menyumbangkan lebih banyak vaksin lagi," kata Sung usai "soft launching" pembangunan gedung kantor baru Konsulat AS di Medan, Rabu.

Selain itu, ia juga memuji atas keberhasilan Pemprov Sumatera Utara dan Pemkot Medan dalam program vaksinasi, penerapan protokol kesehatan, pencegahan COVID-19 dan kampanye pendidikan publik.

Baca juga: AS investasi 250 juta dolar bangun kantor konsulat di Medan

AS, jelas Sung, akan terus berdiri dengan rakyat Indonesia, dan Kota Medan merupakan hal sangat luar biasa karena menerima seluruh tamu di lokasi pembangunan gedung kantor baru Konsulat AS.

"Pembangunan ini sebagai simbol kemitraan AS dan Indonesia di Sumatera," terang Sung Yong Kim yang warga AS keturunan Korea Selatan.

Pemkot Medan mengapresiasi Kedutaan Besar Amerika Serikat membangun gedung kantor baru Konsulat AS di Medan, sehingga mempermudah pertukaran informasi.

"Ini yang kami inginkan di Kota Medan, kantor yang dibangun ini mempunyai teknologi yang bagus dan ramah lingkungan," kata Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman.

Pihaknya meminta struktur pemerintahan di Medan Polonia, baik camat maupun lurah agar membantu pembangunan gedung kantor baru Konsulat AS di Medan

"Jangan ada kendala di proses pembangunan berlangsung. Sebab itu bukan menyangkut marwah Kota Medan, tetapi juga bangsa Indonesia," terang Aulia.

Baca juga: Wapres minta Sumut segera bentuk MPP percepat reformasi birokrasi

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021