Bagi internal Pertamina, ini tentu perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh karena sudah tiga kali kebakaran.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid meminta masyarakat untuk menunggu hasil penyelidikan pihak aparat keamanan terkait kebakaran di Kilang Minyak Pertamina Cilacap dan tidak menyebarkan kecurigaan adanya sabotase dari pihak tertentu.

"Masyarakat tidak perlu berspekulasi dan menduga-duga hal yang tidak baik, mencurigai seolah ada rekayasa, prasangka seperti itu justru tidak baik ketika terjadi musibah,” katanya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakannya menanggapi penilaian bahwa kebakaran kilang minyak Cilacap terjadi karena ada unsur kesengajaan dalam rangka melanggengkan Impor minyak secara terus menerus.
Baca juga: Pakar ITB: Kualitas tangki Pertamina penuhi standar

Sebagaimana diwartakan sebuah tangki pada kilang minyak Pertamina yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar pada Sabtu (13/11) pukul 20.00 WIB. Dalam peristiwa tersebut tangki 36T102 yang terbakar berisi 31.000 kiloliter Pertalite.

Menurut Nusron, akibat terjadinya kebakaran itu, di satu sisi pihak Pertamina sudah merespon cepat untuk menangani, dan di sisi lain aparat keamanan juga langsung melakukan investigasi,oleh karena itu masyarakat diminta menyerahkan masalah tersebut kepada pihak berwenang.

"Bagi internal Pertamina, ini tentu perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh karena sudah tiga kali kebakaran. Dan masyarakat bisa menunggu hasil investigasi yang dilakukan pihak berwenang untuk mengetahui apa penyebab kebakaran dan nantinya bisa memberikan masukan agar hal seperti itu tidak terulang lagi," ujarnya melalui keterangan tertulis.
Baca juga: BRIN paparkan cuaca ekstrem terjadi saat kebakaran Kilang Cilacap

Mantan Ketua Umum GP Ansor ini mengungkapkan, kebakaran merupakan musibah yang tentu bisa ditelusuri penyebabnya. Karena itu, semua pihak harus membiasakan diri untuk melihat hal yang sifatnya teknis operasional agar tidak dianalisa atau diasumsikan dengan hal-hal di luar nalar seperti sabotase dan lain sebagainya.

"Jangan sedikit-sedikit ditarik seolah ini ada kepentingan politik. Lakukan saja investigasi menyeluruh, supaya nanti ada solusi yang komprehensif agar tidak terulang lagi kebakaran-kebakaran seperti yang sudah terjadi,” katanya.

Sementera itu Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan akan melakukan evaluasi dan investigasi atas insiden kebakaran di kilang Cilacap dan memastikan stok BBM untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat aman, sehingga masyarakat tidak perlu melakukan pembelian berlebihan.

Baca juga: Hoaks! Kelangkaan BBM akibat kebakaran kilang Pertamina di Cilacap

Pewarta: Subagyo
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021